PDNS Terserang Virus Ransomeware, Ini Respons Menko Polhukam Hadi Tjahjanto

Kamis, 27 Juni 2024 - 10:36 WIB
loading...
PDNS Terserang Virus Ransomeware, Ini Respons Menko Polhukam Hadi Tjahjanto
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bersama Mendagri Tito Karnavian di sela Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024 di Makassar, Rabu (26/6/2024).. Foto/Abdoellah Nicolha
A A A
MAKASSAR - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto merespons serangan virus ransomware pada server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kemenkopolhukam saat itu sedang mendalami terkait serangan ke server PDN tersebut.



"Kami sedang dan terus mendalami terkait kebocoran data yaitu masuknya virus ransomware di PDNS di Surabaya,” katanya usai Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024 di Makassar, Rabu (26/6/2024).

Dia menyebutkan, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebelumnya juga sudah memberikan notifikasi terkait ancaman tersebut.



Hadi menegaskan, BSSN terus melakukan penyelidikan terkait kebocoran data pada PDNS. Pihaknya sedang melakukan mitigasi untuk mengantisipasi dampak lanjutan pasca kebocoran data tersebut.

"Saat ini BSSN juga terus menyelidiki dampak lanjutannya, agar kita bisa memitigasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi," tegas mantan Panglima TNI ini.



Meski demikian, Hadi mengklaim saat ini kondisi pada sistem imigrasi sudah mulai berjalan normal. Ia juga menegaskan kejadian kebocoran data tersebut menjadi bahan evaluasi untuk mengamankan sistem siber yang dikelola oleh negara.

"Namun ini ada satu bahan evaluasi bagaimana kita bisa mengamankan sistem khususnya siber yang kita kelola," tandasnya.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2239 seconds (0.1#10.140)
pixels