Dinas Kesehatan Kobar Gelar Rapat Evaluasi Kesehatan Menuju UHC

Rabu, 08 Mei 2019 - 08:32 WIB
Dinas Kesehatan Kobar Gelar Rapat Evaluasi Kesehatan Menuju UHC
Dinas Kesehatan Kobar Gelar Rapat Evaluasi Kesehatan Menuju UHC
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), melaksanakan Rapat Evaluasi Program Kesehatan tahun 2019 bertema “Sinkronisasi Pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat Menuju UHC (Universal Health Coverage)”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinkes Kobar pada Selasa (7/5/2019) dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah. Dia berharap, ada beberapa solusi bagi berbagai macam permasalahan yang ditemui di lapangan.

“Jadi rapat koordinasi ini mempertemukan antara petugas kita di lapangan dan stakeholder yang mengambil kebijakan. Tadi kita melakukan dialog penting dan cukup strategis, diharapkan menemukan solusi yang paling baik untuk memajukan kesehatan di Kabupaten Kobar,” katanya.

Dia menjelaskan, perlu ada sinkronisasi antara puskesmas sebagai pelaksana program kesehatan dan Dinkes, sehingga semua kegiatan berjalan sesuai standar pelayanan yang ditentukan. Untuk itu diperlukan komitmen bersama antara puseksmas dan dinkes tentang pemahaman terhadap program dan kemampuan dalam penyusunan program kerja sehingga tercipta Komitmen dan sinergitas dalam pelaksanaan kegiatan.

“Indikator keberhasilan kita di bidang kesehatan sudah cukup jelas, bagaimana angka hidup makin baik kemudian masyarakat kita pola hidupnya semakin sehat. Intinya bagaimana kita mengedepankan tindakan prepentif dan promotif sehingga dapat meminimalisir anggaran dan membentuk masyarakat kobar yang lebih sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan selaku Ketua Panitia Rapat Evaluasi Program Kesehatan Dinkes Kabupaten Kobar 2019, drg Akhmad Faozan mengatakan, kegiatan ini diharapkan tidak hanya dilakukan setahun sekali.

“Jadi memang khusus tahun ini kita mengambil tema sinkronisasi antara pemegang program di dinkes dan pelaksana program di puskesmas, tujuannya agar data di dinkes dan puskesmas selaras,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4765 seconds (0.1#10.140)