Atasi Pengangguran, Bupati Nelson Membuat Program Penyaluran Tenaga Kerja

Selasa, 07 Mei 2019 - 11:44 WIB
Atasi Pengangguran, Bupati Nelson Membuat Program Penyaluran Tenaga Kerja
Atasi Pengangguran, Bupati Nelson Membuat Program Penyaluran Tenaga Kerja
A A A
LIMBOTO - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyerahkan kartu pencari kerja serta menyerahkan SK Kontrak Kerja Program Penyaluran Tenaga Kerja di Kabupaten Gorontalo, Sabtu (4/5/2019). Sebelumnya Bupati Nelson telah melakukan pelepasan tanda peserta dan penyerahan sertifikat kelulusan pelatihan berbasis kompetensi kejuaraan pertukaran.

Berbagai kegiatan ini dilaksanakan pada penutupan program pelatihan kerja berbasis kompetensi yang diselenggarakan UPTD BLK Limboto, Disnakertrans Kabupaten Gorontalo. Pelatihan yang dilaksanakan selama satu bulan ini secara resmi ditutup oleh Bupati Nelson Pomalingo didampingi Sekda Hadijah U. Tayeb, Kepala dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Titiyanto Pauweni, Sabtu, (4/05/2019) di aula Disnakertrans Kabupaten Gorontalo.

Bupati Nelson dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini sangat penting dilaksanakan. Dia mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Disnakertrans yang sudah menyelesaikan program pelatihan berbasis kompotensi guna menanggulangi pengangguran di Kabupaten Gorontalo.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kadis Nakertrans yang turut membina warga masyarakat untuk memperoleh keterampilan Pelatihan kerja berbasis kompotensi dibidang pertukangan, saya berharap agar kegiatan ini benar benar bisa menjadi peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan penciptaan lapangan kerja," harap Nelson.

Terkait pentingnya program penempatan dan penyaluran tenaga kerja, Nelson mengatakan, ini merupakan program pengentasan kemiskinan terefisien dan terefektif di daerah ini. Tahun 2018 dengan anggaran kurang lebih Rp100 juta dapat memberantas kemiskinan dengan 300 orang secara by name by adress.

“Program penempatan dan penyaluran tenaga kerja, indikator kinerja, yakni tahun 2018 pencari kerja terdaftar 1,325 orang, tahun 2018 1,596 orang meningkat 18,1%. Pencari kerja yang disalurkan tahun 2017 sebanyak 221 orang dan tahun 2018 sejumlah 398 orang, meningkat 80,1%,“ kata Nelson.

Ia menambahkan, perusahaan yang bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo tahun 2017 ada 18 perusahaan dan tahun 2018 sebanyak 29 perusahaan, dan ini menandakan ada peningkatan 44,4%.

Orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu merinci, daftar perusahaan program penempatan dan penyaluran tenaga kerja tahun 2018 antara lain, PT Alfamart TBK dan tenaga kerja disalurkan 145 orang. PT Indomart TBK, tenaga kerja disalurkan 112 orang, PT PNM Nasional Madani tenaga kerja disalurkan 36 orang, PT Harvests Gorontalo (HGI) tenaga kerja yang dusalurkan 22 orang, PT Panasonic Indonesia tenaga kerja yang disalurkan 32 orang dan perusahaan lainnya 51 orang.

Persentase dan komposisi pencari kerja tahun 2018, untuk jenis kelamin perempuan 52,7% dan laki 47,3%. Lulusan SMP 0,16%, SMA 65,5%, dan DIII/S1/S2 mencapai 34,2%.

Kepala Disnakertrans Titian Pauweni, mengatakan pelatihan kerja yang dititikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai standar yang ditetapkan di tempat kerja, sehingga begitu selesai pelatihan bisa menjadi pribadi yang terampil dan siap bekerja.

“Alhamdulillah para peserta pelatihan ini sudah mempraktekan hasil karya mereka, dan hasilnya sudah bagus dan memuaskan,” tandasnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8982 seconds (0.1#10.140)