Cegah Karhutla, Polda Jateng Giatkan Patroli Hutan

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 20:09 WIB
loading...
Cegah Karhutla, Polda Jateng Giatkan Patroli Hutan
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (tengah) saat patroli hutan di wilayah PTPN IX Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jumat (21/8/2020). Foto/IST
A A A
SEMARANG - Polda Jateng menggiatkan patroli hutan pada musim kemarau ini. Langkah itu merupakan bagian dari upaya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Jateng. Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi menyatakan, Polda Jateng telah memberikan instruksi kepada setiap polres yang wilayahnya terdapat pegunungan maupun areal hutan dengan geografis cukup luas.

Bahkan Kapolda, tadi siang memimpin langsung pelaksanaan patroli hutan dengan sasaran wilayah Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. "Hari ini kita susuri wilayah pegunungan Ungaran. Karena medan jalan yang sulit kita terpaksa harus menaiki kendaraan khusus offroad. Meski areal hutan kebanyakan dikelola perhutani tetapi soal potensi Karhutla tanggungjawab kepolisian juga," katanya dalam keterangan tertulis. (Baca: Diseminasi Informasi Upaya Penting Cegah Karhutla)

Menurut Kapolda, beberapa titik sumber air juga sudah dipetakan. Tujuannya, apabila warga mengetahui terjadi kebakaran dapat segera dipadamkan memanfaatkan sumber-sumber air terdekat. "Khusus hasil patroli hutan kali ini di wilayah Kabupaten Semarang kondisi jalan menuju ketinggian menjadi catatan. Alhasil warga yang sehari-hari bekerja di perkebunan, atau lahan diminta ikut menjaga. Kami tadi juga sudah sampaikan supaya berperan mencegah kebakaran lahan," katanya.

Sementara itu, Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono menjelaskan, jajarannya telah beberapa kali melakukan patroli hutan, baik lahan hijau yang menjadi tujuan wisata dan pertanian. "Dari hasil patroli dan pemetaan kami yang memiliki potensi atau rawan adalah daerah tujuan wisata. Maka, kepada pengelola kami juga sampaikan agar meneruskan ke pengunjung," ujarnya. (Baca: Kumpulan Berita Terkait kebakaran hutan)

Terkait antisipasi karhutla, kata Kapolres, Polres Semarang belum membentuk satuan khusus penanganan. "Namun kami akan bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Semarang," tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3163 seconds (0.1#10.140)