Bukan Demonstrasi, Buruh Lomba Karaoke Peringati May Day

Rabu, 01 Mei 2019 - 12:14 WIB
Bukan Demonstrasi, Buruh Lomba Karaoke Peringati May Day
Bukan Demonstrasi, Buruh Lomba Karaoke Peringati May Day
A A A
PURBALINGGA - Puluhan ribu buruh di Jawa Tengah memiliki cara berbeda untuk memeringati May Day. Bukan lazimnya yang menggelar demonstrasi, mereka justru mengikuti acara senam dan jalan santai sampai lomba karaoke.

Di Kabupaten Purbalingga, acara dipusatkan di kawasan Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Purbalingga. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan perayaan Hari Buruh mestinya memang momen buat bergembira dan ajang berkumpul antara buruh dengan pengusaha.

"Perayaan May Day hari ini kita dorong memang agar sangat gembira, dengan berolahraga. Kita harapkan hubungan industri antara buruh dengan pengusaha semakin baik," kata Ganjar, Rabu (1/5/2019).

Acara senam massal dan jalan santai di Purbalingga diikuti sekira 11 ribu buruh yang berkumpul menjadi satu bersama para pengusaha. Para pengusaha pun menyediakan beragam doorprize sebanyak 700 macam, dari pakaian, barang elektronik, sepeda hingga sepeda motor.

"Kalau suasana baik seperti ini jadi kondusif, kalau kondusif investor senang akhirnya membuka lapangan kerja, kalau sudah membuka lapangan kerja bagaimana, pengangguran berkurang kesejahteraan meningkat," katanya.

Acara diawali dengan senam bersama di halaman parkir Owabong sekitar pukul 06.45 WIB. Tak ketinggalan, Ganjar dan istri juga Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga tampak semangat menggerakkan badan. Usai senam, mereka pun ikut berjalan santai sejauh 3,5 kilometer.

"Terima kasih perayaan May Day di Purbalingga ini disengkuyung seluruh warga. Terus ikatan persaudaraan dikencangkan, sing guyub," katanya.

Selain bisa berkumpul dengan pengusaha dan pemimpinnya, kebahagiaan buruh masih ditambah dengan banyaknya doorprize. Khumaidah, salah satu buruh pembuat bulu mata palsu dari Rema Jaya mengaku sangat menanti acara ini.

Dia pun berangkat bareng buruh pembuat bulu mata palsu lainnya. "Seneng banget, libur kerja dapat hiburan dan hadiah. Lebih seneng kegiatan seperti ini lebih bermanfaat," katanya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2430 seconds (0.1#10.140)