Bengkel Kepala Bustaman, Kampung Jagal Ribuan Kepala Sapi dan Kambing saat Iduladha

Selasa, 18 Juni 2024 - 14:56 WIB
loading...
Bengkel Kepala Bustaman, Kampung Jagal Ribuan Kepala Sapi dan Kambing saat Iduladha
Warga Kampung Bustaman, Kota Semarang sibuk setiap kali Iduladha. Mereka rutin dapat orderan untuk menjadi jagal kepala hewan kurban untuk diolah jadi masakan. Foto/SINDOnews/Eka Setiawan
A A A
SETIAP perayaan Iduladha alias Hari Raya Kurban, warga Kampung Bustaman, Kelurahan Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah tampak sibuk.

Bengkel Kepala Bustaman, Kampung Jagal Ribuan Kepala Sapi dan Kambing saat Iduladha


Bukan hanya sibuk soal kurban, tapi mereka rutin mendapatkan orderan untuk menjadi jagal kepala hewan kurban untuk diolah.



Entah itu kepala kambing atau kepala sapi. Mereka diorder untuk mengolahnya usai hewan kurban disembelih sampai siap saji tinggal santap. Sebab itulah, di sana akrab dengan sebutan “Bengkel Kepala”.

“Tidak semua orang mau olah kepala sapi atau kambing, tidak mau repot, karena bedah kepala ini kan butuh waktu dan tenaga lebih,” kata salah satu warga Kampung Bustaman, Ninik Astria, Selasa (18/6/2024).



Sebab banyaknya orderan yang datang, Ninik bekerja bersama keluarganya di sana. Tak terkecuali juga para tetangga.

Tak ayal, di lorong-lorong kampung dipenuhi warga yang “menjagal kepala”. Selain kepala, biasanya juga mendapatkan orderan mengolah kaki-kaki hewan kurban itu.



“Kalau Iduladha gini sudah kayak lembur, karena terima (order) dari luar. Tahun ini nggak sebanyak tahun-tahun lalu, sapinya juga lebih sedikit, kebanyakan kambing,” sambungnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)
pixels