Makam Wanita Cantik Dibongkar, Polisi Simpulkan Meninggal Bunuh Diri

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 14:08 WIB
loading...
Makam Wanita Cantik Dibongkar, Polisi Simpulkan Meninggal Bunuh Diri
Foto Almarhumah Rupi’ah. Foto/iNewsTV/Musyafa Musa
A A A
REMBANG - Pihak kepolisian menginformasikan bahwa meninggalnya Rupi’ah (30), warga Desa Pohlandak, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang , karena gantung diri .

Hal itu berdasarkan hasil autopsi dokter forensik Dokkes Polda Jawa Tengah, usai membongkar makam korban dan memeriksa jasad Rupi’ah pada Selasa, 4 Agustus 2020 lalu. (Baca juga: Mahasiswa Rekam Dirinya Gantung Diri Diduga Karena Tak Direstui Menikah )

Kepala Satuan Reserse Dan Kriminal Polres Rembang, AKP Bambang Sugito, menjelaskan, tim forensik tidak menemukan tanda-tanda luka bekas penganiayaan pada tubuh almarhumah. Sehingga kesimpulan kematian korban tetap seperti hasil pemeriksaan awal, yakni gantung diri. (Baca juga: Jalan Masih Rusak, Pemkab Rembang: Dana Ditarik Pusat Akibat Pandemi )

“Surat tertulis sampai hari Jumat ini belum kami terima dari Polda Jawa Tengah. Tapi berdasarkan keterangan sementara, tidak ada tanda-tanda luka bekas penganiayaan. Jadi kesimpulan kami, yang bersangkutan meninggal dunia karena gantung diri,“ kata dia, Jumat (21/8/2020).

Bambang menjelaskan, proses penyidikan lebih lanjut dihentikan, karena tidak ada tersangka dalam peristiwa ini. “Sebanyak 11 orang saksi sudah kami mintai keterangan, kemudian kami konfrontir dengan data-data di lapangan. Untuk proses sidik tidak kami laksanakan, karena ini murni gantung diri. Acuan kami adalah hasil pemeriksaan dokter,“ kata Bambang.

Kepala Desa Pohlandak, Kecamatan Pancur, Mundasir, ketika dikonfirmasi mengakui banyak warganya yang menanyakan hasil autopsi Rupi’ah, karena kejadian itu sempat menyedot perhatian masyarakat.

Pihak desa sebatas menunggu hasil resmi dari kepolisian. Dia berharap nantinya disampaikan secara resmi kepada keluarga korban. Apa pun hasilnya, Mundasir mengimbau masyarakat menghormati. Termasuk jika memang tidak ditemukan unsur penganiayaan.

“Polisi yang menangani, kalau desa hanya menunggu saja hasilnya. Harapan kami hasil autopsi bisa disampaikan, biar masyarakat tidak bertanya-tanya, karena memang informasi ini lama ditunggu-tunggu,“ kata Mundasir.

Sebelumnya, Rupi’ah meninggal dunia pada 17 Juni 2020, di dalam rumahnya. Saat pagi hari, warga mengetahui kali pertama, posisi Rupi’ah sudah dipangku oleh suami sirinya. Jenazah kemudian langsung dimakamkan. Namun pihak keluarga Rupi’ah merasa ada sejumlah kejanggalan, akhirnya mengajukan pembongkaran makam kepada polisi, agar jenazah korban diautopsi.

Lantaran tidak mengarah tindak penganiayaan, seluruh biaya autopsi ditanggung keluarga korban, sesuai kesepakatan awal.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2982 seconds (0.1#10.140)