Aksi China Picu Kemarahan Vietnam : Membahayakan Perdamaian

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 08:18 WIB
loading...
A A A
Kapal perang USS Mustin adalah kapal ketujuh yang melewati Selat Taiwan tahun ini. Aksi unjuk kekuatan ini terjadi ketika China mengeluarkan peringatan kepada Amerika atas kunjungan Menteri Kesehatan AS Alex Azar ke pulau otonom itu.

Lantaran kunjungan Azar sebagai perjalanan tingkat tinggi pertama oleh seorang pejabat AS sejak 1979, China memperingatkan perdamaian di kawasan itu sekarang terancam. Baca Lagi : China Kerahkan Jet Tempur Siluman ke Dekat India, Ada Apa?

Pejabat militer China , Kolonel Ren Guoqiang mengatakan; “AS harus menyadari bahwa China harus dan akan dipersatukan kembali, dan peremajaan besar bangsa China harus dan akan dicapai. “Tindakan ini telah mengirimkan pesan yang sangat salah kepada otoritas Partai Progresif Demokratik (DPP)," ujarnya merujuk pada partainya Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

"Kami mendesak pihak AS untuk segera memperbaiki kesalahannya, menghentikan kontak resmi dan militernya dalam bentuk apa pun dengan Taiwan, dengan sungguh-sungguh mematuhi prinsip satu-China dan tiga komunike gabungan China -AS, dan berjanji bahwa insiden serupa tidak akan terjadi lagi," katanya.

“Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari China . "Masa depan Taiwan terletak pada reunifikasi dan kesejahteraan rekan senegara Taiwan terletak pada peremajaan nasional."
(sri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8756 seconds (0.1#10.140)