Hari ke-4 Banjir, Ribuan Rumah di Indramayu Masih Terendam Hingga 1 Meter

Kamis, 11 April 2019 - 11:26 WIB
Hari ke-4 Banjir, Ribuan Rumah di Indramayu Masih Terendam Hingga 1 Meter
Hari ke-4 Banjir, Ribuan Rumah di Indramayu Masih Terendam Hingga 1 Meter
A A A
INDRAMAYU - Ribuan rumah di lima kecamatan di Kabupaten Indramayu Jawa Barat masih terendam banjir , Kamis pagi (11/4/2019). Air yang merendam ribuan rumah warga di hari ke empat hari ini, mencapai ketinggian 70 hingga mencapai satu meter.

Banjir ini disebabkan meluapnya Sungai Cimanuk. Tingginya debit air kiriman dari hulu Kabupaten Majalengka dan Sumedang disebabkan hujan yang terus mengguyur. Akibat banjir ini warga pun mulai terserang berbagai penyakit. (Baca Juga: Banjir Indramayu Makin Meluas, Petugas Evakuasi Warga)

Bahkan beberapa titik tanggul sungai dikabarkan jebol akibat tak kuat menahan tingginya debit air kiriman dari wilayah Majalengka dan Sumedang tersebut. Banjir merendam lima kecamatan di Kabupaten Cirebon yakni Kecamatan Indramayu, Sindang, Pasekan, Lohbener dan Kecamatan Cantigi.

Banjir terparah dialami Perumahan Graha yang terletak di Kota Indramayu dengan ketinggian air mencapai satu meter hingga nyaris menenggelamkan rumah warga.
Hari ke-4 Banjir, Ribuan Rumah di Indramayu Masih Terendam Hingga 1 Meter

Warga mengaku, banjir yang melanda kali ini merupakan yang terparah. Air mengalir deras setelah meluap dari sungai hingga merendam permukiman warga. Bahkan banyak perabotan yang rusak akibat derasnya arus air yang menenggelamkan rumah-rumah warga.

“Sebagian warga pun hanya bisa pasrah, setelah dilanda sudah empat hari banjir. Sejumlah warga yang terserang berbagai penyakit di antaranya penyakit gatal-gatal, diare dan panas,” kata Nurpa, warga Mundu Pesisir.

Hingga saat ini, air yang merendam permukiman warga terus mengalami kenaikan seiring tingginya intensitas hujan dan terus meluapnya sungai cimanuk. Warga pun mulai mengungsikan sanak saudara khususnya anak-anak dan ibu-ibu ke tempat yang lebih aman.

Data sementara dari BPBD setempat, ribuan rumah yang sudah terendam banjir mencapai 8.271 rumah.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9129 seconds (0.1#10.140)