Survei Delapan Provinsi, Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Ridwan Kamil Paling Tinggi

Minggu, 09 Juni 2024 - 08:25 WIB
loading...
Survei Delapan Provinsi, Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Ridwan Kamil Paling Tinggi
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/Dok.Sindonews
A A A
BANDUNG - Katadata Insight Center (KIC) merilis hasil survei persepsi publik terhadap kinerja kepala daerah di delapan provinsi besar di Indonesia. Survei yang dilakukan pada 3-10 Mei 2024 ini mencakup provinsi Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Dari hasil survei tersebut, Ridwan Kamil mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi sebagai Gubernur Jawa Barat, mencapai 88,3 persen.

Manajer Survei KIC,Satria Triputra Wisnumurti menyatakan bahwa survei ini bertujuan untuk mengukur penilaian publik terhadap kinerja para gubernur dan mantan gubernur di delapan provinsi tersebut. "Publik Jawa Barat menilai bahwa nama yang paling pantas menjadi gubernur Jawa Barat adalah Ridwan Kamil," ujarnya. Sebanyak 39,5 persen responden menyatakan bahwa Ridwan Kamil masih menjadi pilihan utama mereka.

Tingginya kepuasan publik terhadap kinerja Ridwan Kamil tidak hanya menempatkannya di puncak daftar gubernur di delapan provinsi tersebut, tetapi juga menunjukkan keinginan masyarakat Jawa Barat agar pria yang akrab disapa Kang Emil ini kembali memimpin mereka. “Para mantan atau petahana yang dinilai paling pantas menjadi gubernur lagi memiliki nilai kepuasan di atas 80 persen,” tambah Satria.

Di sisi lain, hasil survei menunjukkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja Gubernur Jakarta berada jauh di bawah kepuasan terhadap Gubernur Jawa Barat, dengan hanya 56,7 persen. Meski demikian, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, yang pernah memimpin Jakarta, dianggap sebagai figur yang paling pantas menjadi gubernur DKI Jakarta dengan dukungan 33,3 persen responden. Anies Baswedan dan Ridwan Kamil juga disebut layak, masing-masing mendapatkan dukungan 25,4 persen dan 20 persen.



Temuan ini menarik karena menunjukkan bahwa Ridwan Kamil tidak hanya populer di Jawa Barat, tetapi juga dianggap layak memimpin Jakarta. Beberapa partai politik telah menyatakan dukungan kepada tokoh-tokoh tertentu. Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) misalnya, disebut-sebut akan mengusung Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilkada Jakarta.

Survei ini sekaligus menggarisbawahi bahwa kinerja gubernur memiliki pengaruh besar terhadap persepsi publik dan peluang politik mereka di masa depan. Bagi Ridwan Kamil, tingkat kepuasan publik yang tinggi di Jawa Barat dan dukungan yang signifikan di Jakarta memberikan sinyal kuat bahwa karir politiknya masih sangat menjanjikan.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)
pixels