Cak Imin: 3.000 Tokoh Daftar Bacalon Kepala Daerah via PKB

Kamis, 06 Juni 2024 - 19:33 WIB
loading...
Cak Imin: 3.000 Tokoh Daftar Bacalon Kepala Daerah via PKB
Ketum PKB Cak Imin saat gelaran Konsolidasi Calon Kepala Daerah di Hotel Grand Arkenso, Kota Semarang, Kamis (6/6/2024). Foto: MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut sudah ada sekira 3.000 tokoh yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah di Indonesia lewat PKB.

Mereka mendaftarkan diri untuk berlaga di berbagai daerah di gelaran pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

“Se-Indonesia ada tiga ribuan calon, hampir tiga ribu lebih yang sudah mendaftar,” ungkap Cak Imin saat gelaran Konsolidasi Calon Kepala Daerah di Hotel Grand Arkenso, Kota Semarang, Kamis (6/6/2024).



Dari 3.000an calon yang sudah mendaftar, Cak Imin menyebut nantinya akan diseleksi hingga sekira 550 calon. “Baru 38 kepala daerah yang sudah kita putuskan, masih ada empat ratusan lagi,” lanjutnya.

Dia menyebut PKB membuka koalisi dengan partai politik (parpol) lain di Pilkada 2024, entah itu koalisi yang terjadi saat Pilpres lalu ataupun tidak.

“Semuanya sudah cair. Kami berharap kepemimpinan siapapun yang terpilih di daerah adalah kepemimpinan yang tegak lurus dengan kepemimpinan nasional,” sambungnya.



Mengenai tokoh-tokoh itu, Cak Imin menyebut PKB juga membuka pintu kepada Kaesang Pangarep yang merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika ingin berlaga di pilkada melalui PKB.

Siapapun yang mendaftar di PKB, sebutnya, mekanismenya diuji mulai dari kapasitas, kualitas dan keterpilihan. “Siapapun yang daftar, mau Mas Anies (Anies Baswedan), Sudirman Said, maupun Kaesang, semuanya kami uji,” tandasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)
pixels