alexametrics

Merapi Kembali Seburkan Awan Panas

loading...
Merapi Kembali Seburkan Awan Panas
Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran. Foto Gunung Merapi saat mengeluarkan awan panas beberapa waktu lalu/Dok SINDOnews
A+ A-
YOGYAKARTA - Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran. Setelah dini hari gunung tersebut dua kali mengeluarkan awan panas yang dikenal dengan sebutan Wedus gembel, siang tadi kembali awan panas guguran keluar dari puncak Merapi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, awan panas guguran siang tadi terjadi pada pukul 13.02 WIB. Awan panas teramati dari CCTV yang dipasang di puncak Merapi dengan durasi 84 detik dengan jarak luncur 850 meter. "Arah awan panas guguran menuju ke Kali Gendol," katanya, Jumat (29/3/2019).

Dengan awan panas yang terjadi tersebut, selama satu hari tercatat tiga kali awan panas guguran yang terjadi. Namun demikian, kondisi Merapi masih aman dan belum Mengkhawatirkan." Warga kami harap tetap tenang beraktivitas. Karena jarak luncur masih di bawah radius 3 km," timpalnya.



Hanya saja dia berharap warga waspada kemungkinan terjadinya hujan abu. Untuk itu persediaan masker penting untuk antisipasi.

"Sekali kami meminta warga tidak mudah percaya informasi erupsi Merapi dari sumber yang tidak jelas. Karena kami selalu sampaikan kondisi Merapi secara periodik. Saat ini masih waspada atau level II," papar Hanik.

Perlu diketahui awan panas dikeluarkan Merapi dini hari tadi pada pukul 04.14 WIB dengan jarak luncur 650 meter. Kemudian pukul 04.28 WIB Merapi Kembali mengeluarkan wedus gembel dengan jarak luncur mencapai 1 km.

Sehari sebelumnya (28/3/2019) Merapi juga mengeluarkan awan panas guguran. Jarak luncur awan panas guguran mencapai 1.250 meter.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak