Kisah Asal-usul Baturraden, Cinta yang Tidak Mendapatkan Restu

Rabu, 05 Juni 2024 - 14:50 WIB
loading...
Kisah Asal-usul Baturraden, Cinta yang Tidak Mendapatkan Restu
Baturraden merupakan sebuah wilayah yang berada di Banyumas, Jawa Tengah, tepatnya di sebelah utara Kota Purwokerto. Lokasi ini asal-usulnya cukup melegenda. Foto/IG @baturadenkeren
A A A
BATURRADEN merupakan sebuah wilayah yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tepatnya di sebelah utara Kota Purwokerto. Lokasi ini rupanya memiliki asal-usul yang cukup melegenda.

Baturraden bisa dibilang sebagai salah satu kawasan wisata yang ada di Banyumas. Banyak wisatawan lokal yang mengunjungi tempat ini untuk menikmati keindahan pemandangan yang disuguhkan.



Terlepas dari berbagai wisata yang ditawarkan, rupanya Baturraden memiliki asal-usul yang cukup menarik untuk disimak. Asal usul ini mengisahkan tentang kisah cinta yang tidak mendapat restu.

Asal Usul Baturraden


Dikisahkan jika pada zaman dahulu hidup seorang Adipati Kutaliman dengan istri, seorang puteri cantik, abdi dalem, seorang 'Batur Gamel' (pembantu rumah tangga yang mengurus kuda milik Adipati Kutaliman).

Batur Gamel adalah pemuda tampan yang selalu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Suatu hari, ketika dirinya sedang mencari rumput untuk memberi makan kuda tuannya, dia mendengar suara jeritan perempuan.



Mendengar suara itu, Batu Gamel lantas langsung berlari ke arah sumber suara. Dia lalu melihat ada sesosok wanita yang sednag berhadapan dengan seekor ular.

Batu Gamel lantas membunuh ular tersebut dengan sekejap mata dan menyelamatkan sang gadis. Batu Gamel baru menyadari jika gadis yang diselamatkannya adalah putri Adipati Kutaliman, putri majikannya.

Sejak saat itu mereka berdua mulai sering bertemu hingga membuat hubungan mereka semakin dekat. Semakin lama, putri Adipati menaruh hati pada Batur Gamel, begitu pula Batur Gamel yang jatuh hati atas kebaikan dan kecantikan putri.

Namun status mereka berbeda, hubungan cinta yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi semakin merekah dan melampaui batas. Hingga, putri Adipati hamil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)
pixels