Gerindra Pertimbangkan Bos Kebab Turki Baba Rafi Maju Pilwali Surabaya 2024

Jum'at, 31 Mei 2024 - 11:22 WIB
loading...
Gerindra Pertimbangkan Bos Kebab Turki Baba Rafi Maju Pilwali Surabaya 2024
Bos Kebab Turki Baba Rafi Hendy Setiono masuk bursa calon Wali Kota Surabaya. Foto: MPI/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Partai Gerindra menyambut baik pencalonan Hendy Setiono dalam bursa calon Wali Kota Surabaya di Pilwali Surabaya 2024. Gerindra menilai Hendy sebagai sosok yang memiliki potensi untuk diusung.

Usulan nama Hendy sebelumnya disampaikan oleh Relawan Prabowo-Gibran dan Relawan Santri Prabowo (Santri Pro) dan relawan Jokowi.

“Usulan dari teman-teman itu merupakan aspirasi yang baik dalam proses demokrasi,” ujar Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad (Gus Sadad), Jumat (31/5/2024).



Gus Sadad menyebutkan bahwa dia telah lama mengenal Hendy sebagai pengusaha muda asal Surabaya. Selain berkiprah di dunia bisnis, Hendy juga aktif di bidang politik.

Pada Pilpres 2024, keduanya mendukung paslon Prabowo-Gibran. Gus Sadad adalah Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jatim, sementara Hendy menjabat sebagai Koordinator Fanta Berbagi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Menurut Gus Sadad, Gerindra terbuka untuk mengusung calon potensial seperti Hendy meski ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi sebelum kandidat resmi mendapatkan rekomendasi.



Selain kapabilitas, calon yang diusung Gerindra harus memiliki tingkat keterpilihan (elektabilitas) yang tinggi mengingat adanya calon petahana yang diusung PDI Perjuangan dan PKB.

”Kami ingin mengusung calon yang memiliki program kerakyatan, mampu merangkul semua kalangan, dan memiliki potensi keterpilihan besar,” kata Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut.

Gerindra juga mendorong para calon untuk mengikuti mekanisme internal partai. "Kami memprioritaskan untuk mengusung kader internal, meskipun kami terbuka terhadap calon dari berbagai latar belakang," ujar Gus Sadad.

Para calon diharapkan menjalin komunikasi dengan internal Gerindra dan menyampaikan program yang disiapkan kepada pengurus dan kader di akar rumput. Pada akhirnya, semua keputusan akan diambil oleh Ketua dewan pembina Prabowo Subianto.

Sebelumnya, relawan Prabowo-Gibran, Relawan Santri Prabowo (Santri Pro) mendukung Hendy Setiono turun di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Surabaya. Menurut mereka, Hendy merupakan tokoh pengusaha yang merepresentasikan anak muda.

”Harus ada sosok muda yang berani membuat gebrakan sebagai pemimpin atau kepala daerah. Mas Hendy merupakan orangnya,” kata Koordinator Relawan Santri Prabowo (Santri Pro) Jawa Timur M Syarif Hidayatullah di Surabaya, Kamis (30/5/2024).

Hendy Setiono merupakan pengusaha muda asal Surabaya, yang dikenal berkat produk dagangnya “Kebab Turki Baba Rafi”. Pada Pilpres 2024 lalu, pria 41 tahun itu merupakan Koordinator Fanta Berbagi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Di Surabaya, Gerindra memiliki 8 kursi DPRD Surabaya berdasarkan hasil Pemilu 2024. Dengan hasil tersebut, Gerindra berada di peringkat kedua perolehan kursi di bawah PDI Perjuangan.

Perolehan itu memberi Gerindra peluang untuk membentuk poros baru di luar partai yang mendukung Eri Cahyadi dan Armuji sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya. Terlebih, masih ada sekitar 7 partai lainnya yang belum memutuskan rekomendasi di Pilkada Surabaya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)
pixels