Rahasia Minyak Klentik Kelapa Ala Kitab Mustika Rasa Bung Karno

Kamis, 30 Mei 2024 - 09:04 WIB
loading...
Rahasia Minyak Klentik Kelapa Ala Kitab Mustika Rasa Bung Karno
Kelapa mendapat perhatian khusus dalam Kitab Mustika Rasa, yakni kitab masakan dengan kumpulan resep Nusantara yang disusun Pemerintahan Soekarno (Bung Karno). Foto/Ilustrasi/Today
A A A
TANAMAN kelapa atau utamanya buah kelapa mendapat perhatian khusus dalam Kitab Mustika Rasa, yakni kitab masakan dengan kumpulan resep Nusantara yang disusun Pemerintahan Soekarno atau Bung Karno.

Kitab Mustika Rasa diketahui disusun dalam rangka proyek ketahanan pangan sekaligus menjaga gizi rakyat. Pada era kekinian, makan siang gratis merupakan bagian dari proyek ketahanan pangan.



Kita tentu tidak asing dengan kelapa hijau yang buah dan pohonnya besar-besar. Juga kelapa merah, gading, puyuh, manis, kopyor dan lilin. Kitab Mustika Rasa tidak hanya mengulas jenis buah kelapa beserta kandungannya.

Tapi juga memberi panduan bagaimana buah kelapa tidak hanya bisa dinikmati daging buahnya, kesegaran airnya, melainkan juga menghasilkan minyak untuk goreng-menggoreng.



Buah kelapa besar yang memiliki berat rata-rata 2 kg, daging ½ kg dan air ½ liter, mengandung minyak 66 %. Sedangkan buah kecil dengan berat 1 kg, daging 400 gram, dan air 200 cc mengandung minyak 68 %.

Mereka yang tumbuh era 90-an tentu masih ingat istilah minyak klentik atau blondo yang berasa gurih manis di lidah.



Melalui sejumlah cara memasak, dari sebutir buah kelapa dihasilkan minyak yang dilekati nama sesuai prosesnya. Berikut jenis minyak kelapa serta cara bikinnya sesuai Kitab Mustika Rasa:

Minyak Klentik


Sesuai namanya, klentik. Proses pembuatan minyak kelapa klentik melalui cara diklentik, yakni buah kelapa diparut, diambil santannya, lalu santan direbus hingga minyak mengambang di atas santan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6050 seconds (0.1#10.140)
pixels