alexametrics

Lanal Maumere NTT Amankan 2 Kapal Layar Motor

loading...
Lanal Maumere NTT Amankan 2 Kapal Layar Motor
KLM Surya Jaya 03 diamankan Lanal Maumere di Pelabuhan Laurensius Say Maumere, Minggu (10/3/2019) petang. Foto/Joni Nura
A+ A-
MAUMERE - Lanal Maumere mengamankan dua kapal layar motor di Pelabuhan Laurensius Say Maumere di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (10/3/2019). Diduga dua kapal ini melakukan pelanggaran administrasi.

Minggu (10/3/2019) petang, KRI I Gusti Ngurah Rai 332 mengawal dua kapal layar motor untuk berlabuh di Dermaga Laurensius Say. Sementara puluhan anggota Lanal Maumere tampak bersiaga, baik di atas kapal maupun di dermaga. Ada anggota Lanal Maumere yang bersenjata lengkap. (Baca Juga: TNI Gagalkan Penyelundupan Pakaian Bekas dari Timor Leste)

Setelah bersandar di dermaga, baru diketahui nama dari dua kapal layar motor tersebut yakni KLM Surya Jaya 03 dan KLM Nusantara Indah. KLM Surya Jaya 03 berangkat dari Surabaya hendak menuju Pulau Kisar, dan diamankan di Pulau Sukun. Sedangkan KLM Nusantara Indah berangkat dari Labuan Bajo hendak menuju Surabaya, dan diamankan di Selat Sape.



Dugaan pelanggaran administrasi diketahui setelah mengonfirmasi Sulaiman, nahkoda KLM Surya Jaya 03. Sulaiman menjelaskan beberapa anak buah kapal (ABK) tidak memiliki buku pelaut. KLM Nusantara Indah yang diamankan Lanal Maumere di Pelabuhan Laurensius Say Maumere, Minggu (10/3/2019) sepertinya masalah dokumen.“Ada ABK saya yang tidak punya buku pelaut,” jelas Sulaiman.

Dia menambahkan kapalnya berangkat dari Gresik hendak menuju Pulau Kisar. Kapal itu membawa sembako kebutuhan masyarakat. Kapal tersebut diamankan KRI I Gusti Ngurah Rai di perairan Pulau Sukun.

Beberapa anggota Lanal Maumere yang berada di Pelabuhan Laurensius Say tidak berani memberikan keterangan. Mereka mengarahkan media bertemu Danlanal Maumere.

Pantauan wartawan, KLM Surya Jaya 03 bersandar lebih dulu di dermaga. Menyusul setelah itu KLM Nusantara Indah. Beberapa ABK dua kapal ini sepertinya sempat dievakuasi ke atas KRI I Gusti Ngurah Rai 332.

Para ABK ini kemudian dievakuasi ke dermaga dengan menggunakan sebuah perahu karet milik Lanal Maumere. Hingga tadi siang kedua kapal tersebut masih bersandar di Pelabuhan Lorens say Maumere.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak