Awas! Gelombang Tinggi 4 Meter Terjang Pesisir Lebak, Banjir Rob Intai Banten

Selasa, 28 Mei 2024 - 14:24 WIB
loading...
Awas! Gelombang Tinggi 4 Meter Terjang Pesisir Lebak, Banjir Rob Intai Banten
Kondisi air luat pasang membanjir Pantai Bagedur, Kabupaten Lebak, Banten. Foto/Istimewa
A A A
LEBAK - Gelombang tinggi berpotensi menerjang perairan Pantai Lebak Selatan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (28/5/2024). Ketinggian air laut diperkirakan 2.50-4.00 meter. Peristiwa itu berpotensi terjadi hingga Rabu (29/5) pukul 07.00 WIB.

Hal itu berdasarkan prediksi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingat Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan angin berkisar 4 -25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6 - 25 knot.



Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizki Pratama meminta agar para nelayan dan warga di pesisir pantai waspada mengenai potensi gelombang tinggi. Apalagi jika gelombang tinggi terjadi lebih dari 12 jam.

”Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” kata Febby, Selasa (28/5/2024).



Sementara itu, Satpol PP Kecamatan Malingping, Ade Sukartono mengatakan gelombang tinggi sudah terjadi di perairan Lebak Selatan tepatnya di Pantai Bagedur. Kondisi ombak, lanjut Ade, mulai menyentuh bibir dari lapak para pedagang di pantai Lebak Selatan.

”Ada beberapa yang tutup ada juga yang buka, kita minta warga tetap waspada,” kata Ade.

Selain gelombang tinggi, Ade juga meminta warga untuk mewaspadai potensi banjir rob. ”Waspada banjir rob, karena ombak besar dan memang per hari ini sudah menyentuh bagian depan dari warung-warung di pinggir pantai,” tandasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2656 seconds (0.1#10.140)
pixels