Banjir Terjang Kabupaten Tanggamus Lampung, Satu Orang Dilaporkan Hilang

Minggu, 26 Mei 2024 - 16:52 WIB
loading...
Banjir Terjang Kabupaten Tanggamus Lampung, Satu Orang Dilaporkan Hilang
Banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Sabtu (25/5/2024). Foto/Dok.BNPB
A A A
JAKARTA - Banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Sabtu (25/5/2024). Satu warga dilaporkan hilang akibat banjir yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi sejak malam pukul 20.00 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB , Abdul Muhari menyebutkan, satu orang dilaporkan hanyut terbawa arus banjir. Sementara, tiga orang lainnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

“Dilaporkan sebanyak empat warga hanyut terbawa arus banjir, tiga di antaranya berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat dan satu warga masih dalam pencarian,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu (26/5/2024).



Abdul menyebutkan, dari laporan yang diterima oleh pihaknya, sebanyak delapan kecamatan terdampak akibat banjir dan tanah longsor. Kedelapan kecamatan yang terdampak banjir, yakni Kecamatan Talang Padang, Kota Agung Timur, Ulu Belu, Bandar Negeri Samuong, Air Naningan, Kota Agung Barat, Wonosobo dan Semaka.

“Adapun kerugian materil dan non-materil yang tercatat, sebanyak 385 KK serta 385 unit rumah terdampak. Dilaporkan juga, sebanyak 1.098 ha lahan persawahan dan perkebunan terdampak, satu jembatan putus dan tujuh titik longsoran menutup akses jalan,” ungkap Abdul Muhari.

Saat ini, kata Abdul Muhari, kondisi banjir sudah berangsur surut. Sejumlah pihak terkait sudah berkoordinasi dan sudah melakukan assessmen data kerugian serta turun kelapangan untuk melakukan penanganan dan evakuasi warga terdampak.



“BNPB mengimbau kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Tanggamus agar selalu waspada terhadap banjir dan tanah longsor susulan yang bisa saja terjadi,” jelasnya.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)
pixels