Kisah Lamuri, Kerajaan Hindu di Wilayah Aceh yang Dikuasai Majapahit era Hayam Wuruk

Minggu, 26 Mei 2024 - 07:13 WIB
loading...
Kisah Lamuri, Kerajaan Hindu di Wilayah Aceh yang Dikuasai Majapahit era Hayam Wuruk
Majapahit konon pernah mengekspansi wilayah Aceh, yang saat itu ada kerajaan bernama Lamuri. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
Aceh mungkin selama ini dikenal dengan budaya dan kekhasan agama Islamnya. Tapi tahukah bahwa Aceh juga pernah berkembang agama Hindu semasa Kerajaan Majapahit bertahta. Kala itu Majapahit konon pernah mengekspansi wilayah Aceh, yang saat itu ada kerajaan bernama Lamuri.

Kerajaan Lamuri adalah kerajaan Hindu pertama di tanah Aceh. Ketika Aceh diduduki oleh Gajah Mada, dengan rajanya Hayam Wuruk, Lamuri secara otomatis menjadi kerajaan bawahan Majapahit. Kerajaan Lamuri merupakan nama sebuah kerajaan yang ada di daerah Kabupaten Aceh Besar dengan pusatnya di Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya.

Kerajaan ini dalam sejarahnya lebih dahulu muncul sebelum berdirinya Kesultanan Aceh Darussalam, bahkan tercatat sebagai cikal bakal kesultanan tersebut. Dimana sebelum dikuasai oleh Majapahit, kerajaan ini dahulunya berada di wilayah kekuasaan Sriwijaya.

"Sumber asing dari Cina, menyatakan bahwa Lan-wu-li atau Lamuri, dikisahkan setiap tahunnya mengirimkan upeti ke San-fo-chi, atau Sriwijaya," demikian dikutip dari buku "Sejarah Kerajaan Bawahan Majapahit di Luar Jawa dan Luar Negeri.



Pada Kakawin Negarakretagama juga disebutkan, Kerajaan Lamuri merupakan kerajaan di daerah Sumatera, yang oleh Majapahit diakui sebagai bawahannya. Dalam Suma Orientalnya, penulis Portugis Tomé Pires mencatat bahwa Lamuri awal mulanya tunduk kepada raja Aceh.

Sedangkan di Prasasti Tanjore dari abad ke-10 mengisahkan bagaimana kerajaan ini pernah digoreskan oleh Kerajaan Cola di India. Dimana dicatatkan kerajaan itu konon menjadi kerajaan paling awal di wilayah yang kini berjuluk Serambi Mekkah ini.

Prasasti Tanjore, dalam sejarahnya, dikeluarkan penguasa Cola, Rajendracola 1 pada tahun 1030 M, sekitar lima tahun setelah ekspedisi ke wilayah Sumatera dan sekitarnya. Di dalam prasasti, Ilamuridesam tercatat sebagai salah satu kerajaan yang ditaklukkan, selain Sriwijaya, Panai, dan Melayu.

Kerajaan yang konon juga disebut Ilamuridesam ini juga konon masih kental kuat dengan masa Hindu Buddha-nya, yang tengah berkembang di Asia Tenggara kala itu. Konon Kerajaan Lamuri ini berlokasi di wilayah paling ujung utara Pulau Sumatera.

Setelah dikalahkan Kerajaan Cola, dalam Kebangkitan dan Kejayaan Sriwijaya Abad III-VII, Kerajaan Lamuri statusnya berubah menjadi salah satu mandala Kerajaan Tamil. Penamaan Ilamuridesam terjadi sejak kekalahan dari Kerajaan Tamil tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)
pixels