Libur Panjang Tahun Baru Islam, 17 SPBU Kantong Siaga di Jalur Rawan

Rabu, 19 Agustus 2020 - 18:31 WIB
loading...
Libur Panjang Tahun Baru Islam, 17 SPBU Kantong Siaga di Jalur Rawan
17 SPBU kantong disiagakan di jalur rawan untuk mengantisipasi libur panjang tahun baru Islam.Foto/dok
A A A
YOGYAKARTA - Menjelang akhir pekan panjang dalam rangka tahun baru Islam 1 Muharam 1442 H pada 20-23 Agustus 2020, pasokan bahan bakar minyak (BBM) dipastikan aman. Selain itu, disiapkan SPBU kantong di 17 lokasi yang rawan terjadi lonjakan.

“Terkait konsumsi BBM kami pastikan 901 SPBU di wilayah kami akan beroperasi optimal dengan stok penuh,” kata Unit Manager (UM) Pertamina Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Bagian Tengah (JBT), Anna Yudhiastuti, Rabu (19/8/2020).

(Baca juga: 3 Penambang Batu Tewas Tertimbun Longsor )

“Selain itu kami juga menyediakan tambahan SPBU kantong di 17 lokasi SPBU yang rawan terjadi lonjakan, baik itu di jalan tol maupun trans Jawa yang merupakan jalur hilir mudik masyarakat di sekitar Jawa Tengah hingga Yogyakarta,” ungkap Anna.

Di antaranya adalah di Kabupaten Semarang, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Banyumas, hingga Kabupaten Karanganyar.

Sementara untuk LPG, Anna menjelaskan Pertamina memliki fasilitas penyaluran LPG sebanyak 512 agen PSO, 117 agen Non-PSO, 47.418 pangkalan PSO, dan 6.129 outlet Non-PSO di wilayah operasinya.

“Dari jumlah tersebut sebanyak 485 agen PSO, 106 agen Non-PSO, 8.432 pangkalan PSO, dan 613 outlet Non-PSO merupakan fasilitas siaga yang akan tetap beroperasi melayani meskipun hari libur,” terangnya.

(Baca juga: Karaoke di Surabaya Sediakan Layanan Esek-esek, Digerebek Polda Jatim )

Meskipun sempat terjadi kenaikan konsumsi BBM dan LPG pada saat libur panjang Hari Kemerdekaan, Anna memastikan ketersediaan stok tetap aman karena masih di bawah penyaluran pada saat normal sebelum masa pandemi Covid-19.

“Penyaluran BBM jenis gasolin sebanyak 11.892 Kiloliter (KL) atau meningkat 4% serta BBM jenis gasoil sebanyak 5.575 KL atau meningkat 3%. Sementara konsumsi LPG sebesar 4.145 Metric Ton (MT) atau meningkat 0.2% dari bulan Juli,” tambahnya.

Di samping memastikan layanan produknya tetap optimal, Anna juga meyakinkan seluruh fasilitas Pertamina terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 terlebih di era kenormalan baru saat ini.

“Seluruh petugas kami bekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, pelindung wajah, sarung tangan hingga penyediaan wastafel cuci tangan dan hand sanitizer. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol Covid-19,” kata Anna.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)