alexametrics

Kabut Asap, Ribuan Warga Riau Terserang Penyakit

loading...
Kabut Asap, Ribuan Warga Riau Terserang Penyakit
Sekitar 2 .717 warga di Riau meenderita berbagai macam penyakit akibat kabut asap. Foto/Banda Haruddin Tanjung
A+ A-
PEKANBARU - Dinas Kesehatan Provinsi Riau mencatat dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan sudah mengganggu kesehatan masyarakat. Sudah ribuan warga terserang penyakit.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dampak kabut asap untuk kesehatan paling dirasakan di tiga kabupaten dan kota. Daerah itu adalah Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir. (Baca Juga: Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan Selimuti Dumai, 38 Ribu Masker Dibagikan)

"Total dari tiga wilayah karena asap 2 .717 penderita dengan berbagai macam penyakit," kata Mimi Selasa (26/2/2019).



Dia menyebutkan, penderita paling banyak berada di Kota Dumai dengan jumlah 2.344 orang. Paling banyak adalah penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dengan jumlah 2.199 penderita. Kemudian penderita asma 52 orang, iritasi mata 58 orang, iritasi kulit 28 penderita dan phenomia atau demam 7 orang.

Di Kabupaten Bengkalis, penyakit ISPA juga mendominasi dengan 247 orang, asma 15, pneumonia 4, iritasi mata 24 dan iritasi kulit 13 orang. Sementara di Kabupaten Rokan Hilir penderita ISPA 42 orang, asma 4 orang , iritasi mata 8 orang dan iritasi kulit 16 penderita.

"Total penderita ISPA di Riau ada 2448 orang," imbuhnya. (Baca Juga: Kota Dumai Diselimuti Asap, Ratusan Warga Terserang Penyakit)

Angka ini bisa bertambah karena banyak warga yang tidak memeriksakan kesehatan. Provinsi Riau saat ini sudah berstatus siaga darurat kebakaran.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak