alexametrics

Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan Selimuti Dumai, 38 Ribu Masker Dibagikan

loading...
Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan Selimuti Dumai, 38 Ribu Masker Dibagikan
Kebakakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah menyebabkan Kota Dumai, Riau diselimuti kabut asap. Okezone/Banda
A+ A-
PEKANBARU - Kebakakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah menyebabkan Kota Dumai, Riau diselimuti kabut asap. Untuk meminimalisir dampak kabut asap, Dinas Kesehatan Pemkot Dumai, pembagikan ribuan masker kepada masyarakat.

"Kita sudah membagikan sebanyak 38 ribu masker sejak kabut asap muncul," ucap Kabid Dinas Kesehatan Kota Dumai, Hafidz Sabtu (22/2/2019) kepada okezone.

Dia menjelaskan, pembagian masker sudah dilakukan sejak 10 Febuari 2019. Pembagian masker secara gratis ini dilakukan di sejumlah titik di Kota Dumai termasuk jalan raya yang banyak dilalui pengendara. "Kita juga bagikan masker ke sejumlah intansi pemerintah," imbuhnya.



Bencana kabut asap juga telah menyebabkan ratusan warga Dumai terserang penyakit radang tenggorakan, batuk, flu dan demam. Bahkan beberapa waktu lalu, status Indek Standr Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Dumai berstatus bahaya.

Pemkot Dumai juga telah mengeluarkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Selain Dumai, sejumlah daerah juga terjadi kebakaran yakni, Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Siak, Kampar dan Kepulauan Meranti.

Kebakaran hutan dan lahan juga sudah menghaguskan 850 hektar. Pemprov Riau sudah mengumumkan siaga darurat kebakaran. Dengan adanya status tersebut, maka Pemerihtah Pusat ikut membantu penanggulanan kebakaran yang setiap tahun terjadi di Riau.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak