841 Hektare Hutan dan Lahan Riau Terbakar

Senin, 18 Februari 2019 - 17:40 WIB
841 Hektare Hutan dan Lahan Riau Terbakar
841 Hektare Hutan dan Lahan Riau Terbakar
A A A
BENGKALIS - Kebakaran hutan dan lahan (Karhulta) di Provinsi Riau terus meluas. Kebakaran terparah terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis. Setelah sebelumnya luas hutan yang terbakar 446 hektare, sekarang sudah mencapai 626 hektare.

"Kebakaran di daerah Bengkalis sudah mencapai 626 hektare. Upaya pemadaman terus dilakukan," ucap Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gapur Senin (18/2/2019).

Dia mengatakan, kebakaran terjadi di sejumlah desa, yakni Desa Teluk Lecah, Kelurahan Pergam, Desa Darul Aman, dan Desa Sri Tanjung. Kebakaran semakin meluas di Rupat disebabkan kondisi cuaca panas dan angin kencang sehingga api mudah menjalar.

"Selain di Rupat kebakaran juga ditemukan di Desa Tasik Serai Barat, Kecamatan Talang Muandau Desa Kembang Baru Kecamatan Mandau," imbuhnya.

Kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di Desa Bandar Jaya dan Desa Muara Dua, Kecamatan Siak Kecil. Petugas dari BPBD, TNI, Polri, manggala agni terus berusaha memadamkan kebakaran yang terus meluas.

Selain di Bengkalis, kebakaran juga terjadi di sejumlah titik di Kota Dumai, tepatnya di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan. Kebakaran juga terjadi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kabupaten Siak Kabupaten Kampar.

"Berdasarkan rekapitulasi, lahan yang terbakar di Rohil 117 hektare, Dumai 43 hektare, Kabupaten Meranti 20 hektare, Kampar 14 hektare, Pekanbaru 16 hektare, dan Siak 5 hektare," imbuhnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9581 seconds (0.1#10.140)