Bupati Lombok Utara Bangun Bale Pusaka Adat

Selasa, 12 Februari 2019 - 17:00 WIB
Bupati Lombok Utara Bangun Bale Pusaka Adat
Bupati Lombok Utara Bangun Bale Pusaka Adat
A A A
TANJUNG - Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar meletakkan batu pertama pembangunan Bale Pusaka Adat Sesait, Senin (11/2/2019). Bale Pusaka Adat Sesait merupakan tempat penyimpanan benda-benda pusaka adat Wet Sesait. Pembangunan bale pustaka sebagai bentuk dukungan program meningkatkan kunjungan wisatawan.

Peletakkan batu pertama disaksikan Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin, Ketua DPRD Lombok Utara Burhan M Nur, perangkat pemerintah setempat dan tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Plt. Kades Sesait Raden Sawinggih menuturkan, pembangunan Bale Pusaka Adat Sesait prosesnya cukup lama. Dengan menggali informasi masyarakat sehingga terbentuklah Set Plan dengan memadukan masjid kuno dan tambahan bangunan yang dulunya ada. Di antaranya bale yang difungsikan sebagai tempat menginap masyarakat yang dari luar Sesait saat acara maulid adat.

Ada juga perpustakaan adat dan naskah kuno, yang digunakan sebagai tempat sekolah pembelajaran adat. Selain itu, ada bangunan lumbung, membuat pasar kreatif desa itu terkoneksi dengan Bale Pusaka. Rencananya dibangun tahun ini dari dana desa.

Bupati Najmul meminta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk membantu menganggarkan pada APBD. Lantaran ornamen prasasti tersebut, salah satu pemacu destinasi wisata baru yang dikelola desa. Disamping sebagai upaya untuk melestarikan lembaga pranata budaya Sesait.

"Kita butuhkan gagasan atau ide cemerlang yang saling mendukung. Supaya adat dan budaya sebagai garda untuk pertahanan moral anak-anak kita," ajak bupati.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0143 seconds (0.1#10.140)