Banjir Sumbar Putus Jalur Padang-Bukittinggi, Warga Diminta Cari Jalur Alternatif

Senin, 13 Mei 2024 - 09:46 WIB
loading...
Banjir Sumbar Putus Jalur Padang-Bukittinggi, Warga Diminta Cari Jalur Alternatif
Jalan Padang-Bukittinggi di kawasan Lembah Anai putus total dan tidak bisa dilalui kendaraan. Foto/Rus Akbar/MPI
A A A
PADANG - Hujan deras yang terjadi di wilayah Sumatera Barat pada Sabtu (11/5) malam mengakibatkan longsor dan banjir di beberapa titik, salah satunya di Lembah Anai. Akibatnya, jalur penghubung Padang-Bukittinggi putus total dan tak bisa dilalui kendaraan.

“Terjadinya hujan lebat tadi malam yang mengguyur wilayah Gunung Singgalang sehingga menyebabkan Sungai Batang Anai meluap dan menggerus Jalan yang berada di Batang Anai,” kata Kapolres Padang Panjang AKBP Kartyana iNews Malam dikutip Senin (13/5/2024).

“Jadi kami mengimbau kepada masyarakat baik dari Bukittinggi maupun Padang yang akan melewati Padang Panjang, sementara ini tidak bisa dilalui,” sambungnya.



Sebagai informasi, Sebanyak 37 orang dilaporkan meninggal dunia akibat banjir bandang lahar dingin yang terjadi di wilayah Sumatra Barat pada Sabtu (11/5/2024) malam.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebutkan sebanyak 35 jenazah telah berhasil diidentifikasi.

“Hingga Minggu (12/5) pukul 21.00 WIB tercatat total korban meninggal dunia akibat bencana ini mencapai 37 orang. Sebanyak 35 jenazah berhasil diidentifikasi,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang diterima Senin (13/5/2024).



Ia melanjutkan, adapun 35 jenazah yang berhasil diidentifikasi tersebut dengan rincian di Kabupaten Agam 19 orang, Kabupaten Tanah Datar sembilan orang, Kabupaten Padang Panjang dua orang, Kabupaten Padang Pariaman tujuh orang.

“Dua jenazah lainnya masih dalam proses identifikasi. Adapun perubahan jumlah korban disebabkan dinamika laporan dari masyarakat yang kemudian disesuaikan dengan catatan korban ditemukan, dan yang masih dalam pencarian oleh Basarnas dan TNI-POLRI,” ujarnya.

Lebih jauh, empat Kabupaten seperti Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Panjang dan kabupaten Padang Pariaman dilaporkan terdampak cukup parah akibat banjir bandang lahar dingin tersebut.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6740 seconds (0.1#10.140)
pixels