Modernisasi Pertanian dan Konservasi Air, Kementan Gelar Pelatihan di Yogyakarta

Minggu, 12 Mei 2024 - 07:58 WIB
loading...
Modernisasi Pertanian dan Konservasi Air, Kementan Gelar Pelatihan di Yogyakarta
Kementan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pelaksana UPLAND Project untuk meningkatkan UPPO-Biogas, konservasi air hingga modernisasi pertanian. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pelaksana UPLAND Project untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai UPPO-Biogas, konservasi air hingga modernisasi pertanian.

Pelatihan yang digelar di Yogyakarta dibuka oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) UPLAND Project, Risda Sinaga. Dia mengatakan bahwa UPPO-Biogas mulai dilaksanakan pada 2023 dan telah berhasil di beberapa lokasi.



"Hasil monitoring, beberapa lokasi sudah dilaksanakan sesuai pedoman dan sebagian sudah dimanfaatkan petani. Namun sebagaian lokasi pelaksanaan masih belum sesuai pedoman," kata Risda dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/5/2024).

Pelatihan pelaksaan UPPO Biogas tahun 2024 ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan fasilitator desa dan penyuluh pertanian lapangn agar di akhir masa Program UPLAND ini dapat berjalan optimal sesuai dengan petunjuk pelaksanaan .

"Melalui pelatihan ini diharapkan pelaksaan UPPO Biogas tahun ini dapat sesuai dengan pedoman," ujarnya.

Selain peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai UPPO Biogas, para peserta diberikan pengetahuan mengenai terobosan inovasi pengelolaan air dan modernisasi pertanian.



Salah satu yang terobosan inovasi pengelolaan air untuk irigasi dengan konservasi air. Selain pentingnya kebutuhan air pada lahan pertanian, konservasi air diperlukan dalam mengatisipasi dampak perubahan iklim yang bisa mengakibatkan terjadinya El Nino ataupun La Nina.

Risda optimistis inovasi konservasi air dapat menampung air hujan atau run-off sebagai salah satu upaya dalam menangani daya rusak air.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)
pixels