Kebakaran di Rohil Belum Tertangani, 40 Hektare Lahan Hangus

Minggu, 06 Januari 2019 - 11:18 WIB
Kebakaran di Rohil Belum Tertangani, 40 Hektare Lahan Hangus
Kebakaran di Rohil Belum Tertangani, 40 Hektare Lahan Hangus
A A A
PEKANBARU - Hingga hari ini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Rokan, Hilir (Rohil), Riau masih terus terjadi. Sedikitnya 40 hektare hutan dan lahan di daerah pesisir Riau itu hangus.

Kebakaran di Rohil terjadi Desa Mamugo, Kecamatan Tanah Putih. Lahan yang terbakar merupakan areal semak belukar dan sebagian ada kebun kelapa sawit. Pada awal kebakaran kebakaran hanya 10 hektare. Namun, kebakaran terus meluas dan hingga hari ini sudah mencapai 40 hektare.

"Kebakaran terjadi di titik kordinat 01°40'40", 101°23'39. Upaya pemadaman masih terus dilakukan," ucap Kepala Bidang Kedaruratan (BPBD) Riau, Jim Gapur Sabtu (5/1/2019).

Untuk pemadaman hari ini, petugas mengerahkan tiga mobil kebakaran dan empat unit sepeda motor. Petugas juga dilengkapi dengan pompa air. Angin kencang dan sulitnya air masih menjadi kendala petugas menjinakan si jago merah.

Jim Gapur menegaskan bahwa areal yang terbakar merupakan daerah yang berbatasan dengan Kota Dumai. Untuk penanggulagan di Desa Mamugo, BPBD Rohil bekerja sama dengan BPBD Dumai.

"Petugas yang melakukan pemadaman ada 10 orang," imbuhnya.

Pemprov Riau rencananya akan menetapkan status siaga darurat kebakaran. Ini dimaksudkan agar penanggulangan kebakaran lebih terpadu.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0065 seconds (0.1#10.140)