Ada Peluang Ombak Mencapai 4 Meter di Perairan Bitung dan Manado

Sabtu, 05 Januari 2019 - 09:15 WIB
Ada Peluang Ombak Mencapai 4 Meter di Perairan Bitung dan Manado
Ada Peluang Ombak Mencapai 4 Meter di Perairan Bitung dan Manado
A A A
MANADO - BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung kembali mengingatkan bakal adanya gelombang tinggi yang mencapai 4 meter pada Minggu 6 Januari 2019 pukul 08.00 Wita hingga hingga Senin 7 Januari 2019 di perairan Manado, Bitung serta Kepulauan Talaud dan Sangihe.

Selain itu ombak 4 meter juga berpeluang terjadi di Laut Sulawesi Bagian Timur dan Laut Maluku Bagian Utara.

Sedangkan gelombang tinggi 1.25 (moderate sea) berpeluang terjadi di perairan Kalimantan Utara, Laut Sulawesi Bagian Barat dan Tengah serta Perairan Utara Sulawesi, Laut Maluku Bagian Selatan dan perairan Selatan Sulut.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG, Ricky Daniel Aror mengingatkan dan tetap memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran terutama perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dengan tinggi gelombang di atas 1,25 meter).

Kemudian Kapal Tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter). Berikutnya Kapal Ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter). Sedangkan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter).

"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8040 seconds (0.1#10.140)