BMKG Akan Pasang Alat Pendeteksi Gelombang di Selat Sunda

Jum'at, 28 Desember 2018 - 15:54 WIB
BMKG Akan Pasang Alat Pendeteksi Gelombang di Selat Sunda
BMKG Akan Pasang Alat Pendeteksi Gelombang di Selat Sunda
A A A
SERANG - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Ignasius Jonan mengatakan bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan memasang alat pemindai ketinggian gelombang di perairan Selat Sunda."Nanti BMKG akan memasang alat pemindai ketinggian gelombang. Jadi bisa memberitahu kepada masyarakat yang tinggal di tepi garis pantai itu bisa mengungisi atau berpindah," kata Jonan di Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau Desa Pasauran, Kec. Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Jumat (28/12/2018).
Dengan akan dipasangnya pendeteksi gelombang air laut di Selat Sunda dapat menghindari jatuhnya korban jiwa jika sewaktu-waktu terjadi tsunami. Menurut Jonan, peralatan yang tersedia di Gunung Anak Krakatau antara lain berupa penunjuk arah mata angin untuk memonitor pergerakan abu vulkanis.

"CCTV untuk memantau secara visual gunung, infrasonik dan seismograf sebanyak 2 unit dengan dua jenis keakuratan yang ditempatkan di Pulau Sertung sudah terpasang," ujarnya.

Terkait status Gunung Anak Krakatau, Jonan menjelaskan, peningkatan status ini didasarkan pada hasil pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9136 seconds (0.1#10.140)