Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Ombak 4 Meter Hantam Pantai Baron, Lima Kapal Nelayan Rusak

loading...
Ombak 4 Meter Hantam Pantai Baron, Lima Kapal Nelayan Rusak
Ombak besar menerjang pantai selatan di Gunungkidul. Foto SINDOnews
GUNUNGKIDUL - Puluhan nelayan di pantai Baron berjibaku mengamankan kapal mereka. Langkah ini dilakukan menyusul ombak dengan ketinggian sekira 4 meter menghantam kawasan tersebut.

Koordinator SAR Pantai Baron Marjono mengatakan, terjangan ombak besar ini terjadi pada 08 30 WIB. Para nelayan menjadi kaget saat gelombang tiba-tiba menghantam pantai tersebut. "Lima kapal mengalami kerusakan di bagian sayap. Lainnya berhasil diselamatkan," terangnya kepada MNC Portal Indonesia Rabu (26/5/2021).

Dijelaskannya, akibat kejadian ini semua nelayan bergotong royong untuk menyelamatkan kapal dari hantaman gelombang. "Karena prediksinya sampai satu minggu ke depan potensi gelombang tinggi masih terjadi," ulasnya. Baca juga: Tim Mahasiswa UNAIR Gagas Bahan Bakar Biodiesel Alternatif bagi Nelayan

Marjono melanjutkan, gelombang tinggi ini juga terjadi lantaran gerhana bulan yang terjadi malam nanti. Untuk itu pihaknya meminta semua nelayan untuk menghentikan aktivitas melaut. "Begitu juga dengan wisatawan. Kami langsung menjauh dari bibir pantai. Karena gelombang bisa secara mendadak terjadi," lanjutnya. Baca juga: 8 Nelayan Indonesia Ditangkap Tentara Laut Diraja Malaysia, Bakamala Datang Menjemput

Sementara salah satu nelayan Pantai Baron, Sumardi mengaku sudah meminta semua nelayan untuk berhenti melaut. Diakuinya selama satu bulan terakhir tercatat tiga kali gelombang besar menerjang pantai selatan. "Jadi memang kami sulit memprediksi karena sudah tiga kali dalan satu bulan ini," ucapnya.

(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top