Sejarah Kerajaan Sunda: Asal-usul, Daftar Raja hingga Peninggalan

Selasa, 23 April 2024 - 15:44 WIB
loading...
Sejarah Kerajaan Sunda: Asal-usul, Daftar Raja hingga Peninggalan
Sungai Citarum jadi pemisah kerajaan Sunda dan Galuh yang muncul usai Tarumanegara runtuh. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
SEJARAH Kerajaan Sunda menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Pada riwayatnya, kerajaan ini menjadi salah satu yang pernah muncul di Pulau Jawa.

Apabila dibandingkan dengan nama-nama kerajaan lain seperti Majapahit atau Sriwijaya, Kerajaan Sunda mungkin lebih jarang dibahas. Kendati begitu, kerajaan ini tetap memiliki andil dalam sejarah Indonesia.

Lantas, bagaimanakah sejarah keberadaan Kerajaan Sunda ini? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Sejarah Kerajaan Sunda


Kerajaan Sunda menjadi salah satu kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang pernah hadir dalam sejarah Indonesia. Adapun keberadaannya sendiri di bagian barat Pulau Jawa.

Pada riwayatnya, kemunculan Kerajaan Sunda bermula ketika Kerajaan Tarumanegara memasuki fase kemunduran. Menurut naskah Wangsakerta, kerajaan ini bahkan disebut sebagai pengganti Tarumanegara yang seakan menghilang namanya.

Keberadaan Kerajaan Sunda tak bisa dilepaskan dari sosok Tarusbawa. Ia banyak dikatakan sebagai penguasa pertama Kerajaan Sunda.

Pada Carita Parahyangan, Tarusbawa hanya disebut dengan gelarnya saja, yaitu Tohaan di Sunda (Raja Sunda). Masa pemerintahannya diperkirakan sampai 723 Masehi.

Mengutip e-book berjudul “Mengenal Kerajaan-kerajaan Besar Nusantara” karya Mahadewa Adi Seta, Tarusbawa awalnya punya impian untuk mengembalikan kejayaan Kerajaan Tarumanegara.

Melihat pamor Tarumanegara yang mulai memudar, ia mengulang kejayaan yang dulu dibawa pendahulunya seperti Purnawarman.

Saat mengganti nama menjadi Kerajaan Sunda, pendiri Kerajaan Galuh,Wretikandayun memisahkan diri. Demi menghindari perang, akhirnya ia setuju membagi wilayah bekas Tarumanegara menjadi dua bagian, yakni Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh.

Daftar Raja Kerajaan Sunda


Pada sejarahnya, Kerajaan Sunda telah dipimpin banyak raja yang berbeda. Selain Tarusbawa yang menjadi penguasa pertama, masih ada belasan sosok lain yang pernah menempati takhta. Berikut daftarnya.

1. Tarusbawa (669-723 M)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3787 seconds (0.1#10.140)