Jalan Lintas Padang-Solok Tertimbun Longsor, Satu Orang Tewas

Jum'at, 14 Desember 2018 - 11:31 WIB
Jalan Lintas Padang-Solok Tertimbun Longsor, Satu Orang Tewas
Jalan Lintas Padang-Solok Tertimbun Longsor, Satu Orang Tewas
A A A
PADANG - Longsor terjadi di Panorama 2 jalan lintas Padang-Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (13/12/2108) pukul 22.00 WIB. Tiga unit kendaraan, yakni minibus Family Raya, truk, dan satu lagi minibus tertimbun longsor yang disebabkan guyuran hujan berintensitas tinggi sejak pagi kemarin.

Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatera Barat, Sutan Hendra menjelaskan, longsor menutup akses jalan Padang-Solok sepanjang 30 meter dengan ketinggian dua sampai tiga meter. Akibatnya satu bus terseret ke jurang.

"Longsor itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah Panorama 2 Jalan Lintas Padang-Solok. Material longsor menutupi seluruh badan jalan sehingga akses jalan terputus dan mengakibatkan kemacetan," katanya, Jumat (14/12/2018).

Berdasarkan data BPBD Kota Padang, satu orang meninggal dunia akibat longsor tersebut. Selain itu, satu orang hingga kini kondisinya masih kritis, dan tiga lainnya luka-luka. Korban tewas adalah Dian Ekawati (40), sementara korban kritis Riki Saputra (25), dan korban luka-luka adalah Angga Aprianto (30), Emi (40), dan Feri Candra (45).

Jalan Lintas Padang-Solok Tertimbun Longsor, Satu Orang Tewas
Menurut Sutan, sejak semalam alat berat berada di lokasi longsor, tapi pekerjaan sempat dihentikan karena hujan lebat. Pagi tadi pembersihan longsor dilaporkan mulai dilakukan kembali.Berdasarkan laporan Polantas Polresta Padang, longsor menyebabkan kendaraan tidak bisa lewat jalan lintas Padang-Solo. Polisi meminta pengendara berhati-hati karena keadaan tanah sedang labil. "Bagi warga yang menuju Padang atau Solok diminta berhati-hati, lebih baik tunda keberangkatannya karena saat ini kondisi tanah sangat labil," katanya.

Dua hari yang lalu, longsor juga terjadi tak jauh dari daerah Panorama 2. Satu unit kendaraan ikut terseret longsor. Satu unit truk yang mengangkut minyak kepala sawit terbalik, siang kemarin. Akibatnya minyak tumpah ke jalan raya yang menyebabkan jalur Padang-Solok terganggu.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7474 seconds (0.1#10.140)