Mengulik Sejarah dan Daftar Raja Kerajaan Kalingga

Sabtu, 20 April 2024 - 12:08 WIB
loading...
Mengulik Sejarah dan Daftar Raja Kerajaan Kalingga
Potret Ratu Shima, Raja Kerajaan Kalingga versi artificial inteligence (AI). Foto/Ilustrasi/Instagram @ainusantara
A A A
DAFTARRaja Kerajaan Kalingga menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Kerajaan bercorak Hindu-Buddha ini menjadi salah satu yang tertua di Pulau Jawa.

Kerajaan Kalingga biasa dikenal juga sebagai Holing. Letaknya dulu diperkirakan berada di pantai utara Jawa Tengah, yakni antara Jepara dan Pekalongan.



Sedikit berbeda dengan sejumlah kerajaan lain, sumber sejarah Kerajaan Kalingga terbilang cukup langka. Alhasil, catatan riwayatnya pun terbatas, sehingga menyulitkan peneliti atau sejarawan ketika ingin mengulasnya.

Sejarah dan Daftar Raja Kerajaan Kalingga


Kerajaan Kalingga diperkirakan telah eksis pada abad ke-6. Dirangkum dari berbagai sumber, salah satu tokohnya yang terkenal adalah Ratu Shima.

Mengutip jurnal berjudul ‘Kuasa Perempuan dalam Sejarah Indonesia Kuna’ karya Ufi Saraswati, keberadaan Ratu Shima pernah disebutkan dalam uraian berita China abad 7-8 M.



Berasal dari Kalingga, ia dikatakan sebagai raja wanita pertama yang memerintah abad 6-7 M di Jawa.

Berita China dari Dinasti Tang juga mengungkap keberadaan Kerajaan Holing (Kalingga) yang sangat kuat.

Orang Ta-Shih pada 674 M bahkan disebutkan pernah mengurungkan niat untuk menyerang Kalingga karena dikenal sangat perkasa.

Saat berada dalam kekuasaan Ratu Shima, Kerajaan Kalingga juga meraih masa keemasan. Tak hanya tegas, ia dikenal sebagai pemimpin yang adil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)