Gunung Ruang Erupsi Lagi Sore Ini, Tinggi Letusan 400 Meter di Atas Puncak

Jum'at, 19 April 2024 - 17:30 WIB
loading...
Gunung Ruang Erupsi Lagi Sore Ini, Tinggi Letusan 400 Meter di Atas Puncak
Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara kembali mengalami erupsi Jumat (19/4/2024) pukul 17.06 WITA. Foto/Istimewa
A A A
MANADO - Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara kembali mengalami erupsi Jumat (19/4/2024) pukul 17.06 WITA. Tinggi kolom letusan 400 meter di atas puncak.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung,” tulis Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Julius Rampolii lewat laman resmi magma.esdm.go.id.

Diketahui, Gunung Ruang saat ini berstatus level IV atau awas setelah mengalami erupsi sejak 16 April 2024 lalu. Bahkan, sebanyak 838 penduduk yang berada di sekitar Gunung Ruang telah dievakuasi ke tempat yang aman dari abu vulkanik.



Saat ini, masyarakat dan pengunjung, wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang. Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.

Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut. Masyarakat juga diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)