Jalan Raya Lumajang-Malang Masih Terputus Akibat Longsor di Piket Nol

Jum'at, 19 April 2024 - 14:55 WIB
loading...
Jalan Raya Lumajang-Malang Masih Terputus Akibat Longsor di Piket Nol
Alat berat membersihkan material longsor yang menutupu Jalan Raya Lumajang-Malang, Jumat (19/4/2024). Foto/BPBD Lumajang
A A A
LUMAJANG - Jalur Lumajang-Malang melalui Piket Nol, Kecamatan Candipuro, terputus akibat longsor di sejumlah titik. Salah satunya ada tebing longsor di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lumajang Yudhi Cahyono mengatakan, sampai Jumat (19/4/2024) siang, akses jalan raya Lumajang - Malang yang melalui Piket Nol masih terputus. Jalan Raya Nasional itu terputus karena longsoran di beberapa titik.

“Untuk akses jalan piket nol ditutup total, dimulai pengerjaan jalan dari Balai Besar jalan Nasional," kata Yudhi Cahyono, dikonfirmasi pada Jumat siang (19/4/2024).



Menurut dia, titik longsor merupakan tebing dengan ketinggian hingga 70 meter lebih. Hal ini yang membuat petugas dari Balai Besar Jalan Nasional, dibantu instansi lain masih berusaha menyingkirkan material longsor.

“Ketinggian tebing sampai 70 meter dan lebar sampai 9 meter. Jadi sewaktu-waktu longsor itu ada di beberapa titik. Tidak bisa ditentukan, kadang satu hari bisa sampai dua titik," tuturnya.

Tetapi sejauh ini pihak BPBD, belum menerima adanya korban jiwa akibat longsoran di Jalan Raya Lumajang - Malang, Piket Nol. Sebab saat hujan deras terjadi pada Kamis malam, pengendara yang melintas sudah berhenti karena takut ada longsor.

“Tadi malam ada yang melintas sana sampai sana tidak berani melintas, karena ada longsoran," bebernya.



Sebagai informasi, hujan deras di kawasan Lumajang hingga Kamis (18/4/2024) malam, menyebabkan banjir bandang dari aliran lahar Gunung Semeru dan beberapa sungai setidaknya di 8 kecamatan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)