HUT ke-75 RI, Pemkab Morowali Gelar Upacara Penaikan Bendera

Senin, 17 Agustus 2020 - 20:35 WIB
loading...
HUT ke-75 RI, Pemkab Morowali Gelar Upacara Penaikan Bendera
Upacara bendera memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-75 RI berlangsung di pelataran kantor Bupati Morowali, Senin (17/8/20). Bupati Morowali bertindak selaku inspektur upacara.
A A A
BUNGKU - Upacara bendera memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia berlangsung di pelataran kantor Bupati Morowali, Senin (17/8/20). Bupati Morowali Taslim bertindak selaku inspektur upacara.

Hadir di antaranya Ketua TP PKK Morowali Asnoni Taslim, Wakil Bupati Morowali Najamudin, Wakil Ketua TP PKK Morowali Mawarni Najamudin, Ketua DPRD Morowali Kuswandi, Dandim 1311 Morowali Letkol inf Raden Yoga Raharja, Kapolres Morowali AKBP Bayu Indra Wiguno, Sekda Morowali Moh Jafar Hamid, pimpinan OPD dan jajaran.

Upacara berlangsung hikmat dengan menerapkan pedoman protokol kesehatan. Peserta upacara dibatasi yang terdiri dari pasukan TNI, POLRI dan POL PP. Upacara kemudian ditutup dengan penyerahan Satya Lencana Karya Satya, CSR Bank Sulteng dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

Bupati dan Wakil Bupati Morowali, dan Sekda Morowali berkesempatan mengikuti upacara bendera via virtual yang berlangsung di Istana Negara. Hanya ada beberapa pejabat yang menghadiri upacara secara fisik seperti Presiden Jokowi, Wapres, Ma'ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menag Fachrul Razi dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Sedangkan untuk menteri hingga kepala daerah mengikuti upacara secara virtual di kantor masing-masing.

Taslim berujar, tema Indonesia Maju dari perayaan kemerdekaan RI tahun ini selaras dengan visi nisi Pemkab. Ia menambahkan, meski di tengah pandemi, tidak menyurutkan semangat untuk merayakan semarak kemerdekaan.

"HUT kali ini memiliki tema yang senada dengan Visi Misi Tahajud. Indonesia Maju merepresentasikan kesejahteraan bersama bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali Morowali. Saya sangat mengapresiasi seluruh pihak yang turut merayakan semangat kemerdekaan ini," ucap Taslim.

Mengenai kemerdekaan, ia menyebut perjuangan rakyat kali ini terbilang sulit karena melawan musuh yang tak terlihat yakni Covid - 19. Olehnya Taslim berharap semoga pandemi segera berakhir di Bumi Pertiwi.

"Semoga pandemi ini segera berakhir. Indonesia Unggul, Indonesia Maju menuju Morowali Sejahtera bersama" tutupnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 ini mengusung tema 'Indonesia Maju dengan Logo Bangga Buatan Indonesia. Makna tema 'Indonesia Maju' adalah merepresentasikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Hal ini terlihat dari gambar 75 pada tema Indonesia Maju yang terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.

Selain itu, juga memuat arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia. Sementara arti dari logo 'Bangga Buatan Indonesia' sebagai upaya menumbuhkan kecintaan warga negara Indonesia.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)