alexametrics

Jaga Kondusivitas, Calon Kades di Kabupaten Semarang Dikarantina

loading...
Jaga Kondusivitas, Calon Kades di Kabupaten Semarang Dikarantina
Calon kepala desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang (kiri-kanan) Witarto, HM Nadhirin, Ahmad Mujahiddin dan Kamto saat dikarantina di Pendapa Desa Tuntang, Minggu (9/12/2018). Foto/Angga Rosa
A+ A-
SEMARANG - Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mengkarantina semua calon kepala desa di tempat yang telah disepakati. Kebijakan ini digulirkan untuk menjaga kondusivitas keamanan wilayah masing-masing desa selama proses pemungutan suara.

Kabid Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Semarang Aris Setyawan mengatakan, kebijakan karantina para calon kades ini, merupakan kesepakatan bersama yang tujuannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Karantina ini memang tidak diatur dalam Perda (peraturan daerah) tentang Pilkades. Namun kebijakan ini disepakati bersama untuk menjaga kondusivitas serta mewujudkan Pilkades yang jujur, adil dan bermartabat. Sebagian besar memilih tempat karantina di kantor desa,” katanya, Minggu (9/12/2018).



Menurut Aris, meski para calon kepala desa dikarantina, namun mereka tetap menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) yang telah ditentukan. Calon kepala desa juga diperbolehkan melakukan pemantauan proses pemungutan suara di TPS. Namun dalam melakukan pemantauan harus dikawal oleh petugas Linmas.

Pengawalan dilakukan untuk menjaga keamanan serta memantau semua kegiatan para calon kades mulai pemungutan suara dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga penghitungan suara nanti sore. “Sejauh ini, proses pelaksanaan Pilkades berjalan aman, tertib dan baik. Logistik sudah terpenuhi semua,” tandasnya.

Sementara itu, empat calon Kepala Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang dikarantina di Pendapa Desa Tuntang. Mereka ditempatkan di pendapa sejak pukul 07.00 WIB.

“Calon kades (kepala desa) Tuntang, kami karantina di pendapa desa. Pemilihan tempat karantina didasarkan pada kesepakatan bersama,” kata Panitia Pilkades Tuntang, Kecamatan Tuntang Arya Zunita.

Dari pantauan di beberapa desa, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Semarang berlangsung tertib dan aman. Seperti pelaksanaan pemungutan suara di Dusun Tugu RW 4 Desa Bener, Kecamatan Tengaran.

Ketua RT 05 RW 4 Dusun Tugu, Desa Bener Arif Syarifudin menuturkan, secara teknis proses pelaksanaan pemungutan suara tidak ada kendala. “Pemugutan suara berjalan lancar, tertib dan aman. Logistik lengkap dan hingga saat ini tidak ada kendala,” ucapnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak