Pesta Rakyat Merayakan Keragaman dan Mengeratkan Persatuan

Jum'at, 30 November 2018 - 13:25 WIB
Pesta Rakyat Merayakan Keragaman dan Mengeratkan Persatuan
Pesta Rakyat Merayakan Keragaman dan Mengeratkan Persatuan
A A A
TABANAN - Malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-525 Kota Tabanan berlangsung sangat meriah. Berbagai pentas budaya dan kesenian, acara sosial, dan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta kuliner berhasil membius para penonton yang hadir.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan, tahun ini perayaan mengusung konsep yang unik dan berbeda, yakni berbalut Harmoni Raya yang bertujuan untuk mendoakan perdamaian, persatuan dari Tabanan untuk Indonesia, serta mengangkat semua potensi yang ada di Tabanan, baik itu kesenian, kebudayaan, UMKM, maupun kuliner.

“Kita mencoba untuk mengangkat keharmonisan, di mana dengan rukun dan harmonis kita bisa menyatukan semua potensi yang ada untuk menciptakan suatu hasil yang menakjubkan,” ujar Bupati Eka saat membuka acara di Gedung Kesenian I Wayan Maria, Tabanan Bali, Kamis (29/11/2018).

Selain konsep Harmoni Raya dan Tabanan Rumah Kita, HUT Kabupaten Tabanan kali ini mengusung tema Kluwung Pertiwi yang bermakna pelangi di tanah kelahiran. Karena Tabanan sebagai tanah harapan dengan daerahnya yang subur dan penuh keragaman, baik itu budaya, adat istiadat, dan agama yang bisa hidup berdampingan dengan damai.

Bupati Eka berharap, pesta rakyat merayakan HUT Tabanan membuat masyarakat semakin bangga sebagai warga Tabanan. "Hari ini adalah pesta rakyat, semoga di usia Tabanan yang sudah 525 tahun ini, masyarakat Tabanan semakin bangga dan mencintai Tabanan. Kita harus sama-sama menjaga Tabanan dan kita majukan dan cintai Tabanan dan kita jadikan Tabanan sebagai rumah kita," seru Eka.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekertaris Jenderal Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT dan Transmigrasi) Anwar Sanusi, Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster, Ketua DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama, Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, Forum Koordinasi Pimpinan Darah Provinsi Bali dan tabanan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wilayah Tabanan.

Berbagai artis dari Tabanan turut serta memeriahkan acara, seperti Gek Mitha, Gek Manik, Bayu & Raikoyak serta Thiar & Krisna Guitar, dan ditutup dengan sebuah pentas kolosal menarik dari sanggar Dwipa.

Ketua pelaksana acara HUT ke 525 Kota Tabanan, I Wayan Miarsana menyebutkan, rangkaian acara sudah dimulai sejak 22 September dengan mengadakan roadshow di 10 kecamatan.

“Jadi memang kami sudah mengadakan roadshow di tingkat kecamatan dengan menampilkan berbagai pentas budaya, acara sosial, pameran UMKM, dan kuliner khas dari masing-masing kecamatan yang setiap kecamatan dilaksanakan selama 3 hari,” terang Miarsana.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4469 seconds (0.1#10.140)