Presiden Jokowi Pagi Ini Resmikan Jalan Tol Sragen-Ngawi

Rabu, 28 November 2018 - 10:25 WIB
Presiden Jokowi Pagi Ini Resmikan Jalan Tol Sragen-Ngawi
Presiden Jokowi Pagi Ini Resmikan Jalan Tol Sragen-Ngawi
A A A
SOLO - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 50,9 km, Rabu (28/11) pagi ini. Peresmian bertempat di Rest Area KM 538 Jalan Tol Solo-Ngawi di kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Setelah melalui berbagai tahapan Uji Laik Fungsi dan Operasi, Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 50,9 km telah dinyatakan layak dan siap dioperasikan sebagai Jalan Tol melalui Keputusan Menteri PUPR Nomor: 896/KPTS/M/2018 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi pada 12 November 2018.

Pada tanggal yang sama, diterbitkan pula Keputusan Menteri PUPR Nomor: 897/KPTS/M/2018 Tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol pada Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi, yang menetapkan tarif tol di Jalan Tol yang memiliki total panjang 90,43 km ini sebesar Rp1.000 per km untuk kendaraan Golongan I, Rp1.500 per km untuk kendaraan Golongan II dan III, serta Rp2.000 per km untuk kendaraan Golongan IV dan V.

Tidak perlu menunggu lama, masyarakat sudah dapat menikmati Jalan Tol segmen tersebut dengan tarif Rp0 (gratis) pada hari yang sama pukul 21.00 WIB. Pemberlakuan tarif Rp0 tersebut akan dilaksanakan selama seminggu sebagai bentuk sosialisasi tarif dan golongan kendaraan sebagaimana diamanatkan dalam Diktum Kelima Kepmen PUPR Nomor: 897/KPTS/M/2018 tersebut.

"Dibukanya Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi merupakan tahap ke-3 dari pengoperasian Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi secara keseluruhan, serta akan memangkas waktu tempuh sekitar 50%," kata David Wijayatno Direktur Utama PT Jasamarga Solo-Ngawi, Rabu (28/11/2018) pagi.

Dari Solo ke Madiun yg biasanya ditempuh sekitar 2,5 sampai 3 jam sekarang bisa kurang dari 1,5 jam. Sebagai tambahan informasi, pengoperasian tahap pertama Segmen Simpang Susun Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km sejak 30 Maret 2018 berbarengan dengan dioperasikannya Jalan Tol Ngawi-Wilangan, sedangkan pengoperasian tahap ke-2 adalah Segmen Kartasura-Sragen yang telah diresmikan Presiden pada 15 Juli 2018.

Dengan dioperasikannya Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi secara penuh, Jalan Tol ini akan meningkatkan konektivitas beberapa daerah terutama Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa
Timur.

Untuk mempermudah pengguna jalan mengakses Jalan Tol ini, saat ini telah dioperasikan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Colomadu, GT Ngemplak, GT Karanganyar, GT Sragen, dan GT Ngawi. Pada awal 2019 segera dibuka 3 (tiga) Gerbang Tol tambahan untuk lebih mempermudah masyarakat mengakses Jalan Tol ini, yaitu GT Bandara Adi Soemarmo, GT Gondangrejo (akses arah Purwodadi), dan GT Sragen Timur (berada di kecamatan Sambungmacan, Sragen sebagai akses arah Mantingan).
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4032 seconds (0.1#10.140)