Nelayan Madasari Daulat Ujang Endin Indrawan Pimpin Upacara Kemerdekaan

Senin, 17 Agustus 2020 - 13:33 WIB
loading...
Nelayan Madasari Daulat Ujang Endin Indrawan Pimpin Upacara Kemerdekaan
Nelayan Madasari Daulat Ujang Endin Indrawan Pimpin Upacara Kemerdekaan
A A A
PANGANDARAN - Nelayan di Madasari, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran mendaulat Ujang Endin Indrawan jadi pembina upacara kemerdekaan ke-75.

Salah satu nelayan Madasari Uhandi mengatakan, peringatan kemerdekaan 17 Agustus 1945 sebagai wujud kecintaan terhadap cita-cita kemerdekaan negara Republik Indonesia.

"Peringatan kemerdekaan bukan hanya seremonial yang biasa dilaksanakan elit, politisi dan pejabat birokrasi saja, tetapi nelayan sekalipun bisa merayakan," kata Uhandi.

Uhandi menambahkan, pada upacara yang digelar dihadiri kurang lebih 50 nelayan setempat dengan aneka atribut merah putih seperti bendera, ikat kepala dan pita di lengan.

"Meski sederhana kami menggelorakan semangat nasionalisme melalui lagu-lagu perjuangan yang dinyanyikan bersama sebelum acara dimulai," tambahnya.

Peringatan kemerdekaan yang sederhana ini tidak kalah semarak saat para nelayan hanyut dalam lagu perjuangan yang di iringi dengan peralatan seadanya.

"Beginilah cara kami memperingati kemerdekaan bentuk penghargaan kepada para pahlawan bangsa yang telah berkorban dengan darah dan air mata untuk merebut kemerdekaan," terang Uhandi.

Uhandi menjelaskan, para nelayan bisa bebas melaut mencari ikan berkat perjuangan para pahlawan.

"Sebelum nelayan pergi melaut, kami sepakat memberikan penghormatan kepada pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan," jelasnya.

Hubungan baik nelayan dengan Ujang Endin Indrawan akhirnya sepakat didaulat sebagai pemimpin upacara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0646 seconds (0.1#10.140)