Pengendara Motor dan Mobil Berdiri Tegak Peringati Proklamasi di Jalur Lembang

Senin, 17 Agustus 2020 - 12:47 WIB
loading...
Pengendara Motor dan Mobil Berdiri Tegak Peringati Proklamasi di Jalur Lembang
Warga beserta petugas kepolisian dari Polres Cimahi saat berdiri tegak sempurna sambil membunyikan klakson untuk memperingati detik-detik Proklamasi, Senin (17/8/2020). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Mengheningkan cipta selama tiga menit dilakukan oleh para pengendara dan warga yang melintas di kawasan pertigaan Betrix, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) , Senin (17/8/2020).

Aksi tersebut dilakukan tepat pada pukul 10.17 WIB sebagai bentuk menghargai detik-detik proklamasi dan mengisi perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI oleh para pengendara roda dua ataupun roda empat.

Para pengendara mendapatkan instruksi aba-aba dari jajaran Satlantas Polres Cimahi yang sedang melakukan pengaturan arus lalu lintas di pertigaan Betrix. Mereka melakukan sikap sempurna di samping kendaraan masing-masing sambil membunyikan klakson kendaraan. (BACA JUGA: Manchester United Gagal di Liga Europa, Solskjaer Didesak Mundur)

"Kami beri aba-aba pengendara kendaraan untuk berdiri tegak sambil membunyikan klakson selama tiga menit tepat pukul 10.17 untuk memperingati HUT RI," kata Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah saat ditemui di lokasi, Senin (17/8/2020).

Susanti mengungkapkan pelaksanaan sikap tegak sempurna tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan. Meskipun tidak melaksanaan upacara, namun peringatan HUT RI tetap dilakukan secara khidmat. Mengheningkan cipta dan merayakan detik-detik proklamasi bisa dimana saja, termasuk bagi petugas yang sedang bekerja ataupun pengendara jalan.

"Yang penting suasananya khidmat dan memaknai Proklamasi, soal lokasi kan karena sedang bertugas bisa dilakukan secara darurat dan sederhana," imbuhnya. (BACA JUGA: Cara Amerika Serikat Mengusir Tik-Tok dan Aplikasi China Lainnya)

Meskipun pelaksanaan sikap tegak sempurna berlangsung khidmat meskipun singkat. Dirinya mengaku merasakan suasana lebih haru saat berdiri tegak sempurna di tengah jalan selama detik-detik kemerdekaan RI. Bahkan setelah selesai, riuh tepuk dari warga menggema dan personel kepolisian langsung mengatur arus lalu lintas kembali.

"Saya sangat terharu dan merinding, karena bersama masyarakat ikut memperingati HUT RI dalam kesederhanaan. Semuanya berdiri tegak dan khidmat meskipun di tengah pandemi COVID-19," pungkasnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)