Sungai Meluap, Banjir Kepung Buol: 2.490 Terdampak dan 4 Rumah Hanyut

Senin, 08 April 2024 - 15:23 WIB
loading...
Sungai Meluap, Banjir Kepung Buol: 2.490 Terdampak dan 4 Rumah Hanyut
Empat rumah terbawa arus saat banjir melanda Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah pada Minggu (7/4) pukul 20.00 WITA. Foto/BPBD Buol
A A A
BUOL - Empat rumah terbawa arus saat banjir melanda Kabupaten Buol pada Minggu (7/4) pukul 20.00 WITA. Banjir dipicu hujan intensitas tinggi yang mengakibatkan meluapnya sungai di Desa Talaki, Kecamatan Paleleh, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah .

Banjir menggenangi tiga desa di dua kecamatan antara lain Kecamatan Paleleh dan Paleleh Barat. Air menggenangi permukiman warga dengan ketinggian mencapai 100 sentimeter.BPBD Kabupaten Buol mencatat 2.490 jiwa terdampak banjir.



“Selain empat rumah terbawa arus banjir, 664 unit rumah lainnya ikut terdampak,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Senin (8/4/2024).

Kondisi terkini pada Senin (8/4) genangan air telah surut. Walaupun demikian, aktivitas warga di dua kecamatan terdampak lumpuh. Banjir menghanyutkan perkakas rumah tangga dan menyisakan endapan lumpur.



BPBD Kabupaten Buol bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah mendirikan dapur umum di masing-masing kecamatan terdampak untuk memenuhi kebutuhan permakanan warga. Siang hari ini BPBD setempat akan melaksanakan giat pembersihan lingkungan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat Kabupaten Buol untuk selalu waspada akan banjir susulan mengingat prakiraan cuaca BMKG menunjukkan potensi hujan disertai petir pada siang hari ini.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)