Menikmati Segarnya Ikan Bakar Sambal Pesisir di Bandung

Senin, 17 Agustus 2020 - 10:20 WIB
loading...
Menikmati Segarnya Ikan Bakar Sambal Pesisir di Bandung
Menikmati Segarnya Ikan Bakar Sambal Pesisir di Bandung. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Bandung dikenal akan keragaman kulinernya. Tak hanya penganan olahan berbahan terigu, aci, tepung beras, atau lainnya. Tetapi juga mengolah makanan memanfaatkan kekayaan maritim Indonesia.

Salah satu tempat kuliner yang cukup mencolok di Bandung adalah Ikan Bakar Sambal Pesisir. Kendati terkesan tempat makan di pinggiran laut, resto ini bisa ditemui di Kota Bandung , tepatnya di Jalan Buahbatu dan Cilaki.

Sesuai dengan namanya, resto ini menawarkan ikan hasil tangkapan nelayan lokal. Seperti ikan barakuda, tongkol, cakalang, kerapu, kakap merah, udang, dan lainnya. Semua ikan tersebut khusus diambil dari nelayan di Karawang, Jawa Barat.

Yang menarik, ikan yang disajikan di resto ini menawarkan makanan fresh. Ini dilakukan agar rasa ikan laut tetap terjaga, tekstur bagus, dan lezat ketika dinikmati.

Bahkan, owner Ikan Bakar Sambal Pesisir, Anita Pramitha enggan menyetok ikan dalam jumlah banyak. Dia mengaku, maksimal ikan hanya disimpan 3 hari pada suhu tertentu.

"Semua proses memasak ikan dilakukan dengan cara dibakar. Tidak ada digoreng. Kemudian kami masak dengan bumbu khusus. Selain hasilnya enak, ikan juga enggak bau amis," jelas dia.

Untuk sambal, resto ini menawarkan dua varian, yaitu sambal ijo dan merah. Untuk sambal merah, semua bahan dimasak, tapi tidak terlalu pedas. Berbeda dengan sambal ijo, berbahan cabai mentah, ditambah sereh dan bumbu khusus. Sambal ini lebih pedas.

Menurut dia, Ikan Bakar Sambal Pesisir, dimulai dari sebuah ide untuk memulai usaha kuliner dengan spesialisasi ikan laut. Berdiri sejak tahun 2009 dengan konsep sederhana kaki lima di Bandung.

Seiring dengan berjalannya waktu dan pasang surut dalam menjalankan usaha, pada tahun 2012 dia memulai dengan konsep resto di daerah Jalaprang. (Baca juga: Gelar Upacara Kemerdekaan Secara Sederhana, Ini Permintaan Wali Kota Bandung)

Respon positif para pelanggan yang akhirnya membuat dia memberanikan diri untuk berpindah lokasi strategis yang beralamat jalan Cilaki. (Baca juga: Resmi Pimpin Golkar, Edwin Senjaya Janjikan Ini bagi Warga Kota Bandung)

"Kami mengutamakan kualitas ikan segar yang di kirim langsung dari nelayan harian yang berada di daerah Karawang. Selain itu proses pembakaran, bumbu dan sambal khas ikan bakar sambal pesisir menjadi kunci utama kami untuk memuaskan rasa para pelanggan," papar dia.

Soal harga, semua jenis ikan bakar ini dibandrol antara Rp40.000 hingga Rp500.000.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)