H-5 Lebaran 2024, Volume Kendaraan Pemudik yang Melintasi Tol Cipali Meningkat 74 Persen

Jum'at, 05 April 2024 - 09:30 WIB
loading...
H-5 Lebaran 2024, Volume Kendaraan Pemudik yang Melintasi Tol Cipali Meningkat 74 Persen
Ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai ramai dilintasi pemudik roda empat menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Foto/SINDOnews
A A A
PURWAKARTA - Jumat (5/3) pagi ini, ruas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai ramai dilintasi pemudik roda empat menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal itu terpantau di KM 73 Purwakarta, banyak pemudik kendaraan pelat B arah Jakarta menuju Cirebon.

Direktorat Sarana Transportasi Jalan Perhubungan Darat mencatat terjadi peningkatan volume kendaraan arus mudik dibandingkan dengan hari sebelumnya. Bahkan, dibandingkan dengan arus mudik pada hari yang sama tahun lalu, peningkatannya mencapai 74 persen.

Situasi arus lalu lintas di ruas jalan Tol Cipali di KM 73, sekitar daerah Cikopo, Purwakarta, dari arah Jakarta menuju Cirebon terpantau sangat meriah. Sudah terjadi peningkatan volume kendaraan pemudik dibanding hari sebelumnya.



Kendaraan, yang didominasi oleh kendaraan pribadi, tak pernah berhenti melintas di ruas jalan tol ini. Banyak warga yang memutuskan untuk memulai perjalanan mudik pagi ini untuk menghindari kemacetan di perjalanan.

Kehadiran banyak bus angkutan umum dari arah yang sama semakin memeriahkan arus lalu lintas. Namun, kendaraan masih dapat dipacu dengan kecepatan normal tanpa ada hambatan. Meski kemacetan terjadi pada dini hari tadi.



Staf Direktorat Sarana Transportasi Jalan Perhubungan Darat Kemenhub Muhamad Hafiz Aswahani menyatakan bahwa volume kendaraan arus mudik hari ini mengalami peningkatan dari hari sebelumnya.

Bahkan, peningkatan volume kendaraan pemudik sudah terjadi sejak lima hari sebelum Lebaran. Bahkan bila dibandingkan dengan lima hari sebelum Lebaran tahun lalu, yakni tahun 2023, peningkatan pemudik tahun 2024 ini sangat tajam, mencapai 74 persen.

Diperkirakan, arus mudik akan terus mengalami peningkatan. Sedangkan untuk puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada tiga hari sebelum Lebaran. “Kemungkinan puncak mudik terjadi hari ini atau besok,” katanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)