Evakuasi 6 Korban Longsor di Nias Selatan Terkendala Cuaca Buruk

Selasa, 13 November 2018 - 03:13 WIB
Evakuasi 6 Korban Longsor di Nias Selatan Terkendala Cuaca Buruk
Evakuasi 6 Korban Longsor di Nias Selatan Terkendala Cuaca Buruk
A A A
NIAS SELATAN - Evakuasi enam korban bencana longsor di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut) terkendala faktor cuaca buruk. Evakuasi dilakukan terhadap enam korban longsor di Dusun Dua, Desa Sukamaju Mohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan.

"Saat ini pencarian terpaksa dihentikan sementara karena hujan deras," jelas Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Nias, Tonggor Gultom kepada wartawan, Senin 12 November 2018.

Selain cuaca, lanjut dia, jalur menuju ke lokasi juga sangat sulit. Sebab petugas harus menembus jalanan berlumpur sedalam kurang lebih 50 cm.

"Kondisi ini juga yang membuat alat berat tidak bisa masuk. Apalagi jalan menuju ke sana bergelombang serta jalan menuju desa itu kanan kirinya juga jurang. Jadi kita masih mencari cara lain," terangnya.

Dikatakannya, karena alat berat yang tidak bisa masuk, petugas melakukan pencarian dengan menyisir kawasan longsor. Sehingga pembersihan material dilakukan dengan cara manual.

"Kita sangat hati-hati. Karena kita menghitung ada potensi longsor susulan. Apalagi saat ini hujan deras," ujarnya.

Sebelumnya, sekeluarga di Dusun Dua, Desa Sukamaju Mohili Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan tertimbun tanah longsor, Sabtu 10 November 2018. Tinggi longsoran itu diperkirakan mencapai 10-15 meter. Akibatnya, sekeluarga yang tertimbun longsor tersebut ada tujuh orang yakni Aristina Laia ina Elsa (33), Dalman Hulu (7) Setiamas Hulu Ina Putri (30) Rei Jaya Hulu (3) Putri Hulu (5) Noverman Hulu (2) dan Kristofen Hulu (4) meninggal dunia.

"Ketujuh orang ini merupakan satu keluarga. Korban yang berhasil dievakuasi atas nama Kristofen Hulu. Namun korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," ucap Gultom.

Tonggor mengatakan, saat itu hujan turun cukup deras. Satu keluarga ini berada di dalam rumah saat longsor terjadi di kawasan itu sekitar pukul 09.00 WIB. Namun Basarnas baru mendapatkan laporan sekitar pukul 11.00 WIB.

"Memang hujan cukup deras. Begitu mendapat laporan kita langsung bergerak ke lokasi longsor," katanya. (Baca Juga: 6 Orang Tertimbun Longsor di Nias Selatan, 1 Balita Tewas(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8401 seconds (0.1#10.140)