alexametrics

Mengenal Syachrul Anto, Penyelam Meninggal dalam Evakuasi Lion Air

loading...
Mengenal Syachrul Anto, Penyelam Meninggal dalam Evakuasi Lion Air
Suasana duka di rumah Syachrul Anto, penyelam sipil yang ikut membantu mencari korban pesawat Lion Air JT-610 di Perairan Karawang, Jabar. FOTO/SINDOnews/AAN HARYONO
A+ A-
SURABAYA - Suasana duka menyelimuti rumah Syachrul Anto (48), penyelam anggota dari Indonesia Diving Rescue Team yang meninggal saat operasi SAR Lion Air JT 610 PK-LQP.
Lyan Kurniawati (39), istri Syachrul, terus mengusap air matanya. Isak tangis di samping jenazah suaminya yang tiba di rumah duka Jalan Bendul Merisi Utara VIII nomor 41 Surabaya pukul 08.00 WIB. "Suami saya orangnya kuat dan peduli pada masyarakat," ujar Lyan, Sabtu (3/11/2018).
Selama ini, suaminya memang punya hobi menyelam sejak muda. Dari kesukaan itu, ia kerap ikut dalam misi sosial ketika ada bencana. Suaminya sendiri ikut bergabung dalam misi penyelamatan korban jatuhnya pesawat sejak Jumat (31/10/2018).

Lyan dan suaminya awalnya berangkat dari Makassar ke Yogyakarta untuk urusan keluarga. Tidak ada rencana untuk ke Jakarta waktu itu. Saat berada di Yogyakarta, katanya, suaminya dihubungi salah satu temannya untuk misi kemanusiaan relawan di evakuasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

"Suami saya bukan anggota Basarnas. Tapi salah satu relawan tetap di Basarnas," ucapnya.
Mengenal Syachrul Anto, Penyelam Meninggal dalam Evakuasi Lion Air

Selama ini, suaminya merupakan tulang punggung keluarga. Sehari-hari ia dan suaminya lebih banyak tinggal di Makassar. "Kebetulan ada bisnis di Makassar. Teman-teman penyelam suami saya juga banyak di Makassar," ungkapnya.



Lyan mengaku terpukul dengan kematian suaminya saat menyelam. Almarhum dikenal sebagai pria yang teliti dan berjiwa sosial tinggi. "Suami saya orang yang baik pada keluarga. Kami sangat kehilangan," katanya.

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di pemakaman Bendul Merisi siang ini. Beberapa kerabat juga terus mendatangi rumah duka. (Baca juga: Penyelam Sipil yang Mencari Pesawat Lion Air Meninggal Dunia)
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak