Mudik Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Lampung Diprediksi Naik 60 Persen

Sabtu, 30 Maret 2024 - 12:33 WIB
loading...
Mudik Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Lampung Diprediksi Naik 60 Persen
Kendaraan yang akan melintasi Tol Lampung ruas Terpeka diprediksi akan melonjak 60% dari hari biasanya. Foto/Istimewa
A A A
LAMPUNG TENGAH - Kendaraan yang akan melintasi Tol Lampung ruas Terbanggi Besar-Pematang-Kayu Agung (Terpeka) diprediksi akan melonjak pada musim arus mudik Lebaran nanti. Kenaikan tersebut diyakini mencapai 60% dari hari biasanya.

Hal tersebut disampaikan Branch Manager Ruas Tol Terpeka PT Hutama Karya, Taufiq Hidayat kepada iNews Media Group, Sabtu (30/3/2024).

”Kami memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kendaraan di Tol Lampung ruas Terpeka sebesar 60% jika dibandingkan lalu lintas kondisi normal sebelum musim mudik,” ujar Taufiq.



Dia menuturkan, berbagai persiapan pun sudah dilakukan Hutama Karya, di antaranya meningkatkan pelayanan dan sarana prasarana di sepanjang tol tersebut. Seperti menyiapkan 827 toilet di 9 Rest Area sebagai upaya pelayanan untuk para pemudik.

”Keberadaan toilet di Rest Area memang menjadi sorotan baik dari kebersihan dan ketersediaannya. Nah untuk musim mudik tahun ini, kami telah menyiapkan 827 toilet yang permanen maupun non permanen di 9 rest area ruas Terpeka,” kata Taufiq.

Taufiq menyebutkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PT Pertamina Patra Niaga untuk penambahan SPBU Modular di 3 lokasi dan PLN UID Lampung untuk ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).



"Agar perjalanan mudik ini menjadi lancar, kami berkoordinasi dengan Pertamina dan PLN untuk penambahan pengisian bahan bakar kendaraan. Ada 3 SPBU Modular yang ditambah oleh Pertamina serta ada 6 SPKLU yang ditambah oleh PLN," jelasnya.

Selanjutnya Taufiq mengimbau kepada seluruh pengguna jalan ruas tol Terbanggi Besar-Kayuagung agar selalu berhati-hati dalam berkendara. Patuhi batas kecepatan mengemudi maksimal 100 km/jam, terutama saat kondisi hujan.

”Untuk pengemudi bus dan truk agar selalu mematuhi rambu-rambu, yaitu menggunakan lajur kiri. Apabila kondisi pengemudi mulai terasa lelah, segera berhenti di rest area terdekat untuk beristirahat sejenak,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)