Bey Machmudin Pastikan Pembebasan Tol Dalam Kota Bandung Ditanggung Pusat

Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:49 WIB
loading...
Bey Machmudin Pastikan Pembebasan Tol Dalam Kota Bandung Ditanggung Pusat
Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin memastikan, pembebasan lahan proyek BIUTR ditanggung oleh pemerintah pusat. Foto/ilustrasi/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin memastikan, pembebasan lahan proyek Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) ditanggung oleh pemerintah pusat.

Menurut Bey, Tol Dalam Kota Bandung itu masuk ke dalam menjadi bagian Proyek Strategis Nasional (PSN) bersama jalan akses Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang.



"Sudah masuk PSN, artinya ada fasilitas seperti pembebasan lahan itu menjadi kewenangan dari pusat. Kan selalu kendala itu pembebasan lahan, dengan masuk PSN itu nanti diselesaikan pemerintah pusat," ujar Bey dalam keterangannya dikutip Jumat (29/3/2024).



Bey mengaku, terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mempercepat realisasi pembangunan BIUTR. Harapannya, proyek tersebut bisa mulai berjalan tahun ini.

"Kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga Kementerian PUPR untuk hal apa yang bisa kami siapkan agar lebih cepat lagi pelaksanaannya dan sosialisasi kepada masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, PUPR membantu percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur di Jabar, termasuk salah satunya di Kota Bandung.



"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road," katanya.

PUPR akan memulai proses untuk membantu percepatan pembangunan tol yang sudah mangkrak hampir 17 tahun tersebut dengan skema KPBU.

"Jadi akan kami lelangkan segera, kami meneruskan untuk mengatasi kemacetan di Bandung," tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)