alexametrics

Tes CPNS Kemenkum HAM Molor Berjam-jam, Peserta Pilih Pulang

loading...
Tes CPNS Kemenkum HAM Molor Berjam-jam, Peserta Pilih Pulang
Para peserta tes CPNS Kemenkum HAM di Kota Semarang, Jawa Tengah sabar menanti lantaran pelaksanaan tes molor. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A+ A-
SEMARANG - Sejumlah peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) memilih meninggalkan lokasi karena pelaksanaan seleksi molor hingga berjam-jam. Tak hanya tes berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) yang mundur hingga dua jam lebih, tetapi ratusan komputer jinjing juga belum bisa digunakan.

"Saya dapat jadwal sesi 3 itu dimulai pukul 12.30 WIB. Tapi sampai pukul 15.00 WIB lebih juga belum ada kabar kapan saya bisa masuk tes. Yang sesi 1 saja belum selesai semua. Padahal saya datang ke sini jam 10 pagi tadi," kata Lia Apriani, salah satu peserta tes CPNS Kemenkum HAM saat ditemui di GOR Patriot Kodam IV/Diponegoro, Semarang, Jumat (26/10/2018).

Perempuan berusia 30 tahun itu harus sabar menunggu dengan berbincang sesama peserta atau bermain gadget. Berulang kali dia mencari informasi ke panitia untuk memastikan waktu bisa mengikuti tes. Menurut informasi yang beredar sesama peserta, keterlambatan tes tersebut akibat server down karena diakses secara bersamaan seluruh Indonesia.



"Ini beberapa peserta sudah pada pulang, karena enggak sabar menunggu. Tadi mereka dari luar kota, Pekalongan dan Brebes. Mereka kan naik kereta. Awalnya, jika tes sesuai jadwal mereka bisa naik kereta pulangnya sesuai tiket yang dibeli. Tapi ternyata ini belum jelas kapan waktu tesnya, jadi ya mereka pilih pulang agar tak ketinggalan kereta," kata ibu muda tersebut.

Warga Jalan Majapahit, Kecamatan Semarang Timur ini menyatakan ingin menjadi aparatur sipil negera (ASN) karena mendapatkan jaminan hari tua. Selain itu, persyaratan mengikuti seleksi juga mudah dan gratis. Untuk itu, dia nekat mengajukan izin dari tempatnya bekerja saat ini demi mengikuti tes seleksi.

Senada dengan Lia, peserta lainnya bernama Putra juga berusaha menunggu giliran tes. Bahkan sampai larut malam pun, lulusan sebuah universitas swasta di Semarang itu bakal tetap bertahan di lokasi. "Saya sudah dua kali ikut tes Kemenkum HAM ini. Saya ingin ada penghasilan tetap setiap bulan, karena selama ini kan wiraswasta sendiri," katanya sambil menyantap bakso.

Sementara Koordinator Tes Seleksi CPNS di GOR Patriot, Ahyu Wulandari, menyampaikan, terjadi kendala teknis hingga pelaksanaan tes molor lebih dari dua jam. Kemudian, setelah bisa dimulai tes dari 765 unit komputer jinjing baru sebagian yang bisa digunakan peserta untuk mengakses soal dari server pusat.

"Harusnya mulai jam 8 pagi, tapi kita jam 10 lebih tadi baru bisa login. Biasa kan (kendala) hari pertama penyediaan sarpras (sarana prasana) secara masif seluruh Indonesia. Tentu kan masih banyak kendala ya kalau pelaksanaan (hari) pertama itu. Baru beberapa yang terseting IP-nya sehingga belum bisa dipakai semuanya sehingga seharusnya 765 unit baru jalan sekitar 300-an unit untuk sesi 1," kata Ahyu.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak