Update Korban Longsor Bandung Barat, 7 Warga Masih Tertimbun

Kamis, 28 Maret 2024 - 10:00 WIB
loading...
Update Korban Longsor Bandung Barat, 7 Warga Masih Tertimbun
Petugas evakuasi Korban tertimbun longsor di Kampung Gintung, RT 04/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Foto/Ferry Bangkit
A A A
BANDUNG BARAT - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 11 korban hilang akibat longsor yang melanda Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 10 korban hilang dari Desa Cipongkor dan satu orang di Kecamatan Rongga.

Hingga pagi ini, empat korban sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Alhasil, korban yang belum ditemukan dan diduga tertimbun berjumlah tujuh orang. Rincian enam orang warga Desa Cipongkor dan satu orang di Kecamatan Rongga.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan bahwa saat ini fokus dari tim tanggap darurat yang sudah dibentuk oleh Bupati Bandung Barat adalah melakukan proses pencarian dan pertolongan kepada korban yang dinyatakan hilang.



“Nah untuk korban hilang ini, secara total untuk Desa Cipongkor itu ada 10 korban hilang kemudian di Kecamatan Rongga itu ada 1 korban hilang. Jadi total korban hilang akibat banjir dan longsor di Bandung Barat ini ada 11,” kata Aam, Kamis (28/3/2024).

Aam mengatakan dari laporan yang didapat oleh Kepala BNPB Suharyanto pada saat kunjungan ke lokasi bencana bahwa dari 10 orang yang dinyatakan hilang di Desa Cipongkor dimana 4 orang telah ditemukan dan teridentifikasi.

Kemudian Kecamatan Cipongkor per hari kemarin pukul 17.00, kebetulan Kepala BNPB meninjau ke lokasi Posko Penanganan Darurat di Desa Cibenda itu yang sudah ditemukan dan sudah teridentifikasi itu ada 4 orang,” kata Aam.



“Jadi dari 10 korban hilang di Cipongkor, itu sudah ditemukan 4 orang yakni Dicky Saputra 4 tahun, Nur Fadilah 8 tahun, Ibu Ada 50 tahun, dan Lastri 33 tahun. Jadi untuk Cipongkor ini dari 10 korban yang dilaporkan hilang, itu masih ada 6 korban yang belum ditemukan,” tambahnya.

Aam mengatakan bahwa kemarin tim SAR juga menemukan jasad balita tapi di luar area longsor.

“Nah ini masih dilakukan identifikasi apakah satu jasad balita yang ditemukan kemarin itu termasuk dalam 10 yang dilaporkan hilang atau korban yang berbeda. Kita harapkan tim DVI Polri hari ini sudah bisa menyelesaikan identifikasi satu korban yang ditemukan kemarin.”

“Jadi untuk Cipongkor sendiri itu masih dinyatakan oleh Posko bahwa korban hilang yang belum ditemukan itu masih 6 orang karena yang kemarin ditemukan itu di luar saat pencarian, di luar saat pencarian yang terdampak longsor,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)